Oxudercidae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Oxudercidae
Periophthalmus argentilineatus
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Oxudercidae

Subfamili beserta Genera

Lihat teks

Sinonim

Gobionellidae

Oxudercidae adalah keluarga ikan dalam ordo Gobiiformes yang terdiri dari empat subfamili yang sebelumnya diklasifikasikan dalam famili Gobiidae (Ikan Gobi). Famili ini terkadang disebut dengan Gobionellidae. Spesies ikan dalam famili ini memiliki distribusi kosmopolitan di daerah beriklim sedang dan tropis dan ditemukan di laut dan perairan tawar, biasanya di pantai atau daerah euryhaline dengan substrat lanau dan pasir.[2]

Famili ini terdiri dari 86 genera ikan yang berisi sekitar 600 spesies. Famili ini memiliki banyak spesies ikan yang hidup di air tawar, dan sejumlah spesiesnya ditemukan di pantai basah dan mampu hidup beberapa hari di luar air. Salah satu anggotanya yang terkenal yakni ikan glodok (Subfamili Oxudercinae) merupakan ikan yang mampu berpindah daratan dengan cukup cepat. Mereka memiliki mata yang terletak di atas kepala mereka pada tangkai pendek. Mereka mampu mengangkat atau menarik matanya kembali, dan mereka dapat melihat dengan baik di luar air. Salah satu spesiesnya yakni Gillichthys mirabilis biasa tetap berada di dalam air, muncul ke permukaan untuk menghirup udara saat kadar oksigen di dalam air rendah; ia menahan udara di dalam bukofaringnya, yang sangat tervakularisasi untuk memfasilitasi pertukaran pernapasan.[2]

Subfamili beserta Genera[2][sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Richard van der Laan; William N. Eschmeyer; Ronald Fricke (2014). "Family-group names of Recent fishes". Zootaxa. 3882 (2): 001–230. 
  2. ^ a b c Nelson, JS; Grande, TC; Wilson, MVH (2016). Classification of fishes from Fishes of the World 5th Edition. Wiley. hlm. 330. ISBN 9781119220824. 
  3. ^ WoRMS (2015). Nicolas Bailly, ed. "Amblyopinae Günther, 1861". FishBase. World Register of Marine Species. 
  4. ^ a b Prokofiev, A.M. (2015): An Overview of Gobies of the Subfamily Amblyopinae (Gobiidae) from the Western South China Sea (Vietnam and Indonesia) and Pacific Waters of the Philippines. Journal of Ichthyology, 55 (6): 783–791.
  5. ^ WoRMS (2017). Nicolas Bailly, ed. "Gobionellinae Bleeker, 1874". FishBase. World Register of Marine Species. 
  6. ^ WoRMS (2017). Nicolas Bailly, ed. "Oxudercinae Günther, 1861". FishBase. World Register of Marine Species. 
  7. ^ WoRMS (2017). Nicolas Bailly, ed. "Sicydiinae Gill, 1860". FishBase. World Register of Marine Species.