Otto dari Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Otto, Adipati Austria)
Langsung ke: navigasi, cari
Adipati Otto dan kedua putranya.

Otto IV, yang Periang (23 Juli 1301 – 17 Februari 1339) merupakan seorang Adipati Austria dan putra bungsu Albrecht I dari Jerman dan Elisabeth dari Gorizia-Tirol.

Otto dilahirkan di Wina. Ia memiliki 2 saudara yang bernama Friedrich yang Tampan dan Albrecht II. Dari tahun 1330 seterusnya, ia memerintah bersama dengan Albrecht.

Setelah kematian Jindřich Korutanský, Kaisar Ludwig IV memberi Kärnten dan bagian selatan Tirol sebagai feodal kerajaan pada tanggal 2 Mei 1335, di Linz. Otto dimahkotai sebagai adipati dengan upacara Kärnten Kuno di Zollfeld, dan sejak saat itu seterusnya, lebih menjaga Kärnten daripada Wilayah Adipati Austria. Ia mendirikan Biara Neuberg di Neuberg an der Mürz, Stiria dan Kapel Santo George di dalam Gereja Augustine, Wina. Di bulan Februari 1335, ia menikahi Anna, saudari Kaisar Karl IV di Znojmo. Pada tahun 1337 ia mendirikan ordo ksatria Societas Templois untuk perang salib menentang pagan Prusia dan Lituania. Nama julukannya yang Periang ditujukan pada kehidupannya yang meriah di istananya.

Otto wafat di Neuberg an der Mürz pada tahun 1339. Putra dan pewaris gelarnya adalah Leopold II, Adipati Austria; namun, Leopold meninggal sebelum beranjak dewasa, dan garis keturunan menjadi punah.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 15 Mei 1325, Otto menikahi istri pertamanya Elizabeth dari Bayern. Ia adalah putri Stephan I, Adipati Bayern dan Jutta dari Świdnica. Mereka memiliki 2 orang anak:

Elizabeth dari Bayern meninggal pada tanggal 25 Maret 1330. Otto tetap menduda selama hampir 5 tahun. Pada tanggal 16 Februari 1335, Otto menikahi istri keduanya Anna dari Bohemia. Ia adalah putri Johann I dari Bohemia dan istri pertamanya Eliška Přemyslovna. Mereka tidak memiliki keturunan. Ia meninggal pada tanggal 3 September 1338.

Otto memiliki 4 anak haram yang muncul di dalam silsilah keluarga. Identitas ibu mereka atau ibu-ibu dan nasib mereka selanjutnya tidak diketahui:

  • Otto.
  • Leopold.
  • Johann.
  • Leopold.

Silsilah[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh:
Friedrich I
Adipati Austria dan Adipati Stiria
wakil pemimpin Albrecht II

1330–1339
Diteruskan oleh:
Albert II
Didahului oleh:
Jindřich Korutanský
Adipati Kärnten
gabungan dengan Albrecht II

1335–1339

Pranala luar[sunting | sunting sumber]