Oscar Lolang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Oscar Lolang
Informasi latar belakang
Nama lahirOscar Majid Lolang
Lahir2 Juli 1993 (umur 30)
Jakarta, Indonesia
Genre
Pekerjaan
Tahun aktif2016—sekarang
LabelKarma Records

Oscar Majid Lolang (lahir 2 Juli 1993) adalah penyanyi-penulis lagu dan aktor Indonesia. Ia banyak dikenal sebagai musisi folk dengan lirik bercerita yang mengangkat narasi isu-isu sosial.[1]

Karier[sunting | sunting sumber]

Sebelum menjadi musisi profesional, Oscar Lolang sempat tergabung dalam grup musik Djam Malam bersama teman-teman masa kuliahnya. Sebagai mahasiswa Universitas Padjadjaran jurusan Antropologi, Oscar sudah terbiasa berada di lingkungan yang banyak membahas tentang kisah-kisah manusia.[2]

Pada tahun 2016, Oscar Lolang menandai awal karirnya sebagai solois dengan merilis “Eastern Man”, sebuah lagu bernafaskan kritik sosial yang membicarakan realita kehidupan masyarakat Papua. Lagu ini menuai banyak pujian dari media atas keberaniannya mengangkat isu rakyat yang cukup sensitif.[3]

Di tahun berikutnya, Oscar bergabung dengan label rekaman asal Jakarta, Karma Records, serta manajemen musik asal Bandung, Microgram. Kerja sama tersebut yang mengantarkan Oscar Lolang merilis Epilogue (2017)[4], berisikan dua lagu, “Little Sunny Girl”, tentang kekerasan perempuan, serta balada romantis “The Way She Does Things”, dilanjutkan dengan album penuh Drowning In A Shallow Water (2017) yang juga sarat akan lagu bertema sosial seperti “Clouds of Jakarta”, “Unwanted Temple”, dan “Green Man”.

Karya-karya tersebut mengantarkan Oscar Lolang pada berbagai panggung musik. Oscar pun banyak berkolaborasi dengan musisi-musisi lain seperti The Panturas dalam lagu “Arabian Playboy” serta .Feast dalam lagu “Watcher of the Wall”.[5] Bersama musisi seperti Vira Talisa, Iksan Skuter, Sisir Tanah, Navicula, hingga Syarikat Idola Remaja, Oscar juga turut menyumbang satu lagu berjudul “I Breathe Fire” ke dalam kompilasi Senandung Energi Bumi 2.0 bikinan Summer Festival, sebuah inisiasi organisasi Greenpeace dalam meningkatkan kesadaran akan isu bumi dan lingkungan yang diselenggarakan di Celukan Bawang, Bali.

Pada tahun 2019, Oscar memulai era berikutnya dalam bermusik, baik secara tema maupun musikalitas. Ia menjadi sosok yang lebih berani berbicara tentang tema-tema personal dan intim. Hal ini ditandai dengan dirilisnya “Bila” yang merupakan lagu lama Oscar sendiri, namun dikemas ulang bersama teman-teman dari The High Temples. Di tahun 2020, Oscar Lolang bersama The High Temples merilis lagu “Melodies” yang kian menguatkan impresinya sebagai sosok yang berani terbuka akan dirinya sendiri.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album studio[sunting | sunting sumber]

  • Drowning In A Shallow Water (Karma Records, 2017)
  • Jalan Sendiri (2022)

Album mini[sunting | sunting sumber]

  • Epilogue (2017)

Kompilasi[sunting | sunting sumber]

  • “Senandung Energi Bumi 2.0” (Summer Festival, Greenpeace, 2019)

Singel[sunting | sunting sumber]

Judul Tahun Posisi tertinggi Album
IDN
"Eastern Man" 2016 Singel non-album
"Little Sunny Girl" 2017 Epilogue
"The Way She Does Things"
"Clouds of Jakarta" 2017 - Drowning In A Shallow Water
"Bila" 2019 Singel non-album
"I Breathe Fire" 2019 Senandung Energi Bumi 2.0
"Melodies" 2020 Singel non-album

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2023 Onde Mande! Dadang Karya debut

Serial web[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2023 Tira Raya Episode 2 dan 3
2024 Episode 8

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Journal, Whiteboard. "Oscar Lolang dan Folk Americana". Whiteboard Journal (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-02-24. 
  2. ^ "Oscar Lolang Folk untuk Rakyat". suaramahasiswa.info. Diakses tanggal 2023-02-24. 
  3. ^ "Sentuhan Baru Musik Indonesia Melalui Lagu "Eastern Man"". Kompasiana. Diakses tanggal 2023-02-24. 
  4. ^ Subagja, Ditya N. (2017-04-12). "Oscar Lolang Rilis Kaset 'Epilogue'". Whiteboard Journal. Diakses tanggal 2023-02-24. 
  5. ^ "Multiverses". Wikipedia. Diakses tanggal 2023-02-24.