Orion(pesawat luar angkasa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Orion Multi-Purpose Crew Vehicle (Orion MPCV),Orion dibuat untuk membawa 4(empat) astronot ke orbit rendah bumi atau luar orbit rendah bumi(LEO),orion dikembangkan oleh NASA,orion dibuat untuk memfasilitasi eksplorasi manusia ke asteroid atau Mars,atau mengambil kru atau pasokan dari ISS jika diperlukan.

Orion MPCV diumumkan oleh NASA pada tanggal 24 Mei 2011 dan masih dalam pengembangan.Orion MPCV memiliki 2 Modul utama,sebagian dibangun oleh Lockheed,dan sebagian lagi dibangun oleh Airbus.

Uji terbang pertama MPCV (tanpa kru) dikenal dengan nama Eksplorasi Uji 1(EFT-1) dilakukan dengan roket Delta IV Heavy pada tanggal 5 Desember 2014.waktu penerbangan dalam uji coba ini adalah 4 jam 24 menit dan MPCV mendarat di target di Samudera Pasifik pada 10.29 waktu setempat(tertunda dari hari sebelumnya karena cuaca dan masalah teknis).

Misi pertama MPCV membawa astronot diperkirakan tidak akan terjadi sampai 2023,walau NASA mengatakan bahwa staf mereka bekerja untuk"tujuan internal yang agresif" dari 2021,namun,Government Accountability Office meragukan tanggal peluncuran,bahkan pada tahun 2023. Hal ini menunjukkan bahwa peluncuran mungkin dapat tertunda sampai 6 bulan lamanya dan hanya memberikan kemungkinan 40% untuk peluncuran pada tahun 2021, dan mereka menyarankan bahwa tujuan yang agresif akan menjadi kontraproduktif di dalam program ini.