Orang Dayak Bukit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Orang Dayak Bukit adalah suku Dayak Ahe yang terdapat di Benua Talaga, Kecamatan Sengah Temila, Landak, Kalimantan Barat. Menurut kepercayaan mereka berasal dari Bukit Bawang. Suku Dayak ini bagian dari Group Dayak Kanayatn/Kendayan.

Perbedaan Dayak Bukit dengan Dayak Meratus/Melayu Bukit[sunting | sunting sumber]

Suku Dayak Bukit di Kalbar berbeda dengan suku Dayak Meratus di Kalsel yang sering disebut juga dengan nama yang sama yaitu suku Dayak Bukit atau suku Melayu Bukit yang menurut sensus penduduk Indonesia tahun 2000 disebut Suku Bukit saja.


Buku tentang Dayak Bukit[sunting | sunting sumber]

  • Dayak Bukit: Tuhan, Manusia, Budaya

Penulis: Maniamas Miden Sood

Buku ini ditulis oleh seorang timanggong (tumenggung) yang sangat dekat dengan budayanya. Ia banyak bertutur tentang penciptaan dunia dan manusia menurut tradisi budaya Dayaknya, Dayak Bukit, di Benua Talaga, Kecamatan Sengah Temila, Landak. Sebagai seorang timanggong, ia mencoba memahami budayanya yang sangat arif dalam menentukan perjalanan sukunya. Selain itu ia memaparkan pula, secara unik, perjalanan sukunya dari zaman lampau sampai pada saat ini, yang diperolehnya dari dua informan yang usianya sudah lanjut. Dalam perjalanan ini banyak rintangan yang diperoleh oleh sukunya. Namun dari rintangan-rintangan tersebut muncullah berbagai bentuk adat istiadat, yang salah satunya adalah adat istiadat perkawinan. Buku yang ditulis langsung oleh salah seorang anggota masyarakat adat ini layak dibaca oleh para peneliti, para pemerhati budaya dan generasi muda yang ingin mengetahui salah satu perjalanan suku Dayak di bumi Kalimantan ini

Pranala luar[sunting | sunting sumber]