Orang Armenia di Rumania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Orang Armenia di Rumania
Daerah dengan populasi signifikan
Transilvania, Wallachia
Bahasa
Bahasa Armenia, bahasa Rumania
Kelompok etnik terkait
Diaspora Armenian

Orang Armenia sudah ada di wilayah Rumania dan Moldova selama lebih dari satu milenium dan berperan penting sebagai pedagang semenjak abad ke-14.

Pada tahun 1940, terdapat sekitar 40.000 orang Armenia di Rumania. Namun, mereka mulai meninggalkan negara tersebut pada masa komunisme dan rezim Nicolae Ceaușescu menutup semua sekolah Armenia. Walaupun jumlah mereka saat ini hanya beberapa ribu, orang Armenia di Rumania mulai mengalami kebangkitan budaya semenjak Revolusi Rumania 1989.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Keberadaan orang Armenia di wilayah Moldavia dapat ditilik kembali ke tahun 967 (seperti yang tertulis di dalam Cetatea Albă). Kedatangan diaspora Armenia ini dipicu oleh jatuhnya Dinasti Bagratuni dan bencana-bencana lain, termasuk invasi Mongol. Komunitas Armenia juga dapat ditemui di wilayah Transilvania, seperti yang tercatat dalam dokumen yang dikeluarkan oleh Raja Hungaria Ladislaus IV (akhir abad ke-13). Di wilayah ini, mereka diperbolehkan mendirikan kota dagang mereka sendiri. Kota Armenia yang paling penting adalah Gherla yang juga dijuluki Armenopolis/Armenierstadt atau Hayakaghak (Հայաքաղաք). Kota Armenia paling penting kedua di Transilvania adalah Dumbrăveni (Elisabethstadt).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Armenians in Romania at the Central European University site (retrieved on 28 November 2005)
  • (Rumania) Armenii ("The Armenians"), on Divers online bulletin of ethnic minorities in Romania (retrieved on 28 November 2005)
  • Neagu Djuvara, Între Orient și Occident. Țările române la începutul epocii moderne ("Between Orient and Occident. The Romanian lands from at the beginning of the modern era"), Humanitas, Bucharest, 1995, p. 178
  • Constantin C. Giurescu, Istoria Bucureștilor. Din cele mai vechi timpuri pînă în zilele noastre ("History of Bucharest. From the earliest times to our day"), Ed. Pentru Literatură, Bucharest, 1966, p. 98, 270-271
  • Nicolae Iorga, Choses d’art arméniennes en Roumanie ("Artworks of Armenians in Romania"), 1935