Operator anti-simetris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam mekanika kuantum, operator yang menaikkan atau menurunkan (secara kolektif dikenal sebagai operator tangga) adalah operator yang menambah atau mengurangi nilai eigen operator lain. Dalam mekanika kuantum, operator pengangkat kadang-kadang disebut operator pembuat, dan operator yang menurunkan operator pemusnahan. Penerapan yang dikenal dari operator tangga dalam mekanika kuantum adalah dalam formalisme osilator harmonik kuantum dan momentum sudut.

Pengenalan[sunting | sunting sumber]

Tipe lain dari operator dalam teori medan kuantum, ditemukan pada awal 1970-an, dikenal sebagai operator anti-simetris. Operator ini, mirip dengan spin dalam mekanika kuantum non-relativistik adalah operator tangga yang dapat membuat dua fermion dengan putaran yang berbeda dari boson atau boson dari dua fermion. Fermion, dinamai Enrico Fermi, adalah partikel dengan putaran setengah bilangan bulat, seperti elektron dan proton. Ini adalah partikel materi. Boson, dinamai S. N. Bose, adalah partikel dengan putaran bilangan bulat penuh, seperti foton dan W. Ini adalah partikel pembawa kekuatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Griffiths, David J. (2004). Introduction to Quantum Mechanics (2nd ed.). Prentice Hall. ISBN 0-13-111892-7. 
  • McMahon, David (2006). Quantum Mechanics DeMystified: A Self-Teaching Guide. The McGraw-Hill Companies. ISBN 0-07-145546-9.