Operasi pembesaran payudara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Operasi pembesaran payudara merupakan salah satu prosedur kosmetik melalui operasi plastik yang dilakukan untuk memenuhi beberapa tujuan berbeda seperti pembesaran ukuran, perubahan bentuk, dan atau perubahan tekstur payudara. Operasi pembesaran payudara adalah salah satu prosedur kosmetik operasi plastik yang paling populer di dunia, di mana pada tahun 2022 sendiri prosedur ini berada di angka 2,174,616 dalam skala dunia[1]. Salah satu negara yang memopulerkan prosedur pembesaran payudara ini adalah Amerika Serikat, di mana American Society of Plastic Surgeons (ASPS), melaporkan bahwa ada sekitar 290.000 prosedur dilakukan di Amerika Serikat pada tahun 2016[2]. Sebagian besar pasien yang melakukan prosedur ini mengalami peningkatan kepercayaan diri dan menyatakan kepuasan terhadap keputusan mereka untuk menjalani operasi yang mana ditunjukkan melalui survei bahwa sekitar 70-80% pasien merasa puas terhadap hasilnya[2]. Meskipun operasi pembesaran payudara memiliki risiko komplikasi akut yang renda (bergantung pada pengalaman dokter dan ahli medis yang melakukan prosedur) segala upaya harus dilakukan untuk meminimalkan risiko tersebut mengingat banyaknya pasien yang melakukan prosedur ini, sehingga dokter dan praktisi medis yang merawat pasien harus memahami kondisi masing-masing pasien, tipe metode prosedur yang diambil, prosedur pra-operasi, dan instruksi pasca operasi yang harus dilakukan.

Jenis Prosedur Operasi Pembasaran Payudara[sunting | sunting sumber]

Implan Payudara[sunting | sunting sumber]

Hingga saat ini, ada 3 jenis implan payudara yang umum digunakan dan legal dalam praktik medis.

  1. Saline implant yang diisi oleh saline solution atau larutan garam steril.
  2. Silicone implant yang diisi oleh gel silikon kental dengan cangkang luar yang terbuat dari silikon padat.
  3. "Structured" implant yang menggunakan cangkang silikon elastomer dengan larutan garam di antara cangkangnya

Implan Saline (Saline Breast Implant)[sunting | sunting sumber]

Implan ini biasanya dimasukkan dalam keadaan kosong dan ahli bedah memberi lubang kecil di luarnya untuk menambahkan larutan garam steril dalam jumlah yang diinginkan untuk mengembangkan implan. Implan saline memberi ahli bedah tingkat variabilitas yang besar untuk mengisi jumlah yang berbeda karena implan biasanya memiliki kisaran 25 hingga 50 mL yang ditentukan oleh produsen. Dalam praktiknya, dokter bedah mengisi beberapa implan saline selama operasi, sementara beberapa produsen mengisi implan saline lainnya terlebih dahulu. Saat ini, implan saline disetujui oleh FDA untuk digunakan pada pasien berusia 18 tahun ke atas untuk pembesaran payudara dan pasien usia berapa pun untuk rekonstruksi payudara[2].

Dalam praktiknya, implan saline tidak memiliki kesan alami karena pergerakan pengisi saline tidak terkontrol, sehingga memungkinkan perpindahan yang cepat seiring dengan gerakan. Namun, keuntungan implan saline adalah bahan pengisiI implan yang mengandung saline, sehingga memberikan ketenangan pikiran bagi wanita, karena apabila implan pecah (mengempis), implan akan mengecil karena tubuh menyerap cairan garam yang pada dasarnya tidak berbahaya[3]. Oleh karena itu, wanita hanya cukup bercermin untuk mengetahui apakah implannya masih utuh atau pecah.

Implan Silikon[sunting | sunting sumber]

Implan silikon memiliki cangkang yang terbuat dari silikon padat dan di dalamnya diisi dengan gel silikon kental. Implan gel silikon disetujui FDA untuk menambah atau memperbesar ukuran payudara pada pasien mana pun yang berusia di atas 22 tahun[2]. Banyak ahli bedah masih akan menggunakan implan berisi gel "di luar label" pada pasien di bawah usia 22 tahun jika memang diindikasikan untuk pasien tersebut. . Pasien dengan sedikit cakupan jaringan lunak di payudaranya akan merasakan manfaat paling besar dari implan silikon dibandingkan dengan implan saline yang membuat silikon terasa lebih lembut atau alami. Selain itu, pada pasien kurus, implan silikon akan menunjukkan lebih sedikit riak pada tepi implan jika dibandingkan dengan implan saline.

Implan gel silikon memiliki kesan alami karena kekentalan pengisi gel silikon meniru jaringan payudara. Meningkatkan pengisian gel silikon hingga 95 persen tanpa meningkatkan ikatan silang akan meningkatkan dukungan pada cangkang implan. Kerugian dari implan gel silikon adalah pecahnya tidak terdeteksi (yaitu, tidak terdeteksi secara klinis), dan terjadi pada tingkat yang relatif tinggi (9,3 hingga 24,2 persen dalam penelitian Inti 10 tahun1,2), yang menjadi perhatian banyak wanita. pecah pada 3 tahun setelah implantasi dan kemudian setiap 2 tahun seumur hidup[3]. Selain itu, FDA juga merekomendasikan pengangkatan implan gel silikon yang pecah, yang mungkin memerlukan prosedur tambahan yang memakan waktu seperti kapsulektomi untuk menghilangkan gel silikon secara menyeluruh.

Structured Implant[sunting | sunting sumber]

Implan ini dirancang dirancang untuk menggabungkan ketenangan pikiran dari implan saline dan nuansa alami dari implan gel silikon, tanpa kelemahan yang paling mengkhawatirkan wanita (yaitu, rasa tidak alami dari implan saline dan pecahnya implan gel silikon tanpa disadari). Implan ini dinamakan implan “terstruktur” karena struktur internalnya yang menyokong cangkang sehingga tiang bagian atas tidak terlalu roboh saat tegak dan lebih sedikit kerutan dibandingkan dengan implan saline bulat dan implan gel silikon bulat tertentu. Karena desain dan teknologinya yang unik berbeda dari implan saline dan gel silikon, implan terstruktur adalah jenis implan payudara ketiga. Mengklasifikasikan implan payudara berdasarkan bahan pengisi saline atau gel silikonnya gagal mengidentifikasi perbedaan dukungan cangkang yang memengaruhi kinerja implan Klasifikasi yang lebih informatif diusulkan di sini: “cangkang yang tidak didukung” (implan saline) atau “cangkang yang didukung” (gel silikon dan implan terstruktur). Implan ini telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) dan Kesehatan Kanada pada bulan November 2014[3].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Leading surgical cosmetic procedures globally 2022". Statista (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-03-21. 
  2. ^ a b c d Fardo, Dean; Sequeira Campos, Miguel; Pensler, Jay M. (2024). Breast Augmentation. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing. PMID 29489168. 
  3. ^ a b c Nichter, Larry S.; Hardesty, Robert A.; Anigian, Gregg M. (2018-7). "IDEAL IMPLANT Structured Breast Implants: Core Study Results at 6 Years". Plastic and Reconstructive Surgery. 142 (1): 66–75. doi:10.1097/PRS.0000000000004460. ISSN 0032-1052. PMC 6045953alt=Dapat diakses gratis. PMID 29489559.