Onesilos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Onesilos (atau Onisillos) (bahasa Yunani: Ονήσιλος) (meninggal 497 SM) adalah saudara raja Gorgos di negara kota Yunani kuno Salamis di pulau Sprus.

Siprus adalah bagian dari Kekaisaran Persia namun ketika orang Ionia melakukan pemberontakan, Onesilos memanfaatkan kesempatan ini untuk menaklukan Salamis dan merebut takhta saudaranya. Ia berhasil merebut semua kota penting di Siprus kecuali negara kota Yunani-Fenisia Amathos, yang masih setia kepada Persia.

Pada 497 SM, Persia, dengan bantuan angkatan laut Fenisia, menyerang Siprus. Beberapa koloni Ionia mengirim kapal untuk membantu Onesilos. Dalam pertempuran yang terjadi kemudian, armada Ionia mampu mengalahkan armada Fenisia. Onesilos lalu memimpin pasukan melawan jenderal Persia, Artybios. Walaupun Artybios terbunuh, pasukan persia berhasil memenangkan pertempuran dan membunuh Onesiolos. Akibatnya, armada Ionia mundur dari Siprus dan, lima bulan kemudian, Persia menguasai kembali seluruh Siprus. Setelah itu saudara Onesilos, Gorgos, kembali diangkat menjadi raja Salamis oleh Persia.