Omokoro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Omokoro
Nibea

Illustrated plate of Nibea soldado by George Henry Ford.
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliSciaenidae
GenusNibea
Species
See text

Nibea atau omokoro adalah genus ikan laut bersirip pari yang termasuk dalam famili Sciaenidae, gerot-gerot dan gulama. Spesies dalam genus ini terdapat di kawasan Indo-Pasifik Barat .

Jenis[sunting | sunting sumber]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Ikan omokoro memiliki sepasang pori-pori pertama di dagu yang terletak berdekatan, tepat di belakang simfisis rahang bawah, dan dihubungkan oleh alur berbentuk bulan sabit. Gigi pada rahang bawah ukurannya tidak seragam. Kandung kemih renang berbentuk seperti wortel dan memiliki pelengkap bercabang di kedua sisinya dan yang paling depan melewati septum melintang . [1] Jenis spesies adalah anggota genus terbesar, dengan panjang standar maksimum yang dipublikasikan adalah 75 cm (30 in) sedangkan omokoro kecil ( N. leptolepis ) dengan panjang standar terbitan maksimum 22 cm (8,7 in) adalah anggota terkecil. [2]

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Omokoro ditemukan di kawasan Indo-Pasifik dari Pakistan [3] timur hingga Papua Nugini, selatan hingga Australia, dan utara hingga Jepang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kunio Sasaki (2022). "Family Sciaenidae Croakers, Drums and Cobs". Dalam Phillip C Heemstra; Elaine Heemstra; David A Ebert; Wouter Holleman; John E Randall. Coastal Fishes of the Western Indian Ocean Volume 3 (PDF). South African Institute for Aquatic Biodiversity. hlm. 389–414. ISBN 978-1-990951-30-5. 
  2. ^ Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2023). Species of Nibea di FishBase. Versi February 2023.
  3. ^ Kunio Sasaki (2022). "Family Sciaenidae Croakers, Drums and Cobs". Dalam Phillip C Heemstra; Elaine Heemstra; David A Ebert; Wouter Holleman; John E Randall. Coastal Fishes of the Western Indian Ocean Volume 3 (PDF). South African Institute for Aquatic Biodiversity. hlm. 389–414. ISBN 978-1-990951-30-5.