Oliba Cabreta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Oliba Cabreta (skt. 920 – 990 di Montecassino) merupakan seorang comte Cerdanya dari tahun 965 dan comte Besalú dari tahun 984 sampai abdikasinya pada tahun 988.[1]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ia adalah putra keempat Miró II [2] dan Ava. Ia mewarisi Cerdanya dari kakanda sulungnya Sunifred II dan Besalú dari kakandanya Miró III. Dia awalnya di bawah pengawasan ibundanya dari kematian ayahandanya pada tahun 927.

Selama masa jabatannya, ia menambahkan Berga dan Ripoll - ke wilayahnya. Pada tahun 979, Roger I dari Carcassonne menyerahkan Capcir kepadanya. Pada tahun 984, ia mengambil alih semua distrik ayahandanya ketika saudaranya meninggal tanpa ahli waris.

Oliba melakukan perjalanan dua kali ke Roma, pertama pada tahun 968 dengan Abbas Garin dari Cuixà dan kedua pada tahun 988 dalam perjalanannya ke Montecassino, biara tempat ia pensiun. Dia membagi negerinya antara tiga putra tertuanya: Bernard menerima Besalú dan Ripoll, Guifré menerima Cerdanya, dan Abbas Oliba menerima Berga. Putra keempatnya, Berenguer, menjadi uskup Elne. Dia juga memiliki seorang putri yang sah bernama Adelaide, yang menikah dengan John d'Oriol, Lord Sales.

Oleh gundiknya, Ingeberga de Besora, ia memiliki seorang putri bernama Ingeberga yang menjadi abdis Sant Joan de Ripoll. Istrinya Ermengard dari Empúries, putri Comte Gausbert, bertindak sebagai pemangku takhta untuk putra-putranya dan dia menjalani hari-harinya di Italia sampai tahun 990.

Keturunan
Didahului oleh:
Sunifred II
Comte Cerdanya
968–988
Diteruskan oleh:
Guifré II
Didahului oleh:
Miró III
Comte Besalú
984–988
Diteruskan oleh:
Bernard I

Referensi[sunting | sunting sumber]