Office de Radiodiffusion Télévision Française

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Untuk teknik mikrofon, lihat teknik stereo ORTF.
Office de Radiodiffusion-Télévision Française
JenisIndustri dan perdagangan umum
NegaraPrancis
Tanggal peluncuran27 Juni 1964
Tanggal ditutup31 Desember 1974
Anggota jaringanStasiun Radio

France-Inter
France Culture
France-Musique
France Inter Paris

Saluran TV

La première chaîne
La deuxième chaîne
La troisième chaîne

Lainnya

Régie française de publicité
Tokoh kunciMarc Gilbert

Jacques-Bernard Dupont

Jean-Jacques de Bresson

Arthur Conte

Marceau Long

Office de Radiodiffusion Télévision Française (ORTF) merupakan agensi nasional, antara 1964 dan 1974, dengan menyediakan radio dan televisi umum di Prancis.

Setelah Perang Dunia II, monopoli publik pada penyiaran di Prancis telah ditetapkan dengan pembentukan Radiodiffusion Française (RDF) tahun 1945. RDF berganti nama menjadi Radiodiffusion-Télévision Française (RTF) tahun 1949 dan ORTF pada 1964. Sejak awal, penyiar umum mengalami persaingan dari "stasiun sekitarnya". Stasiun berbahasa Prancis ditujukan pada pendengar Prancis tetapi mengudara pada gelombang panjang dari negara tetangga, seperti Radio Monte Carlo (RMC) dari Monako, Radio Luxembourg (kemudian RTL) dari Luksemburg, dan Europe 1 dari Jerman (kecuali, tahun 1974, RMC diizinkan mendirikan pemancar di teritori Prancis).

Tanggal 8 Agustus 1974, ORTF terpecah menjadi 7 institusi:

RTF merupakan satu dari 23 organisasi penyiaran pendiri European Broadcasting Union tahun 1950. Setelah terpecahnya ORTF kepemilikan Prancis diambil alih oleh TDF, TF1, A2, FR3 dan SRF sebelum dikirim ke organisasi bersama Organisme français de radiodiffusion et de télévision (OFRT) tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, OFRT digantikan oleh Groupement des Radiodiffuseurs Français de l’UER (GRF) yang memegang salah satu kepemilikan Prancis di EBU.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]