Ocypodidae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ocypodidae
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumArthropoda
KelasMalacostraca
OrdoDecapoda
UpaordoPleocyemata
InfraordoBrachyura
SuperfamiliOcypodoidea
FamiliOcypodidae
Subfamili

Ocypodidae adalah sebuah famili dari kepiting laut semiterestrial yang mencakup kepiting hantu dan kepiting biola. Mereka dapat ditemukan pada pesisir tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Beberapa genera yang sebelumnya dimasukkan dalam famili ini sekarang dianggap sebagai sebuah anggota dari famili-famili lainnya dalam superfamili Ocypodoidea, seperti Dotillidae dan Macrophthalmidae. Pada 2016, genus Uca dipecah menjadi tiga belas genera dengan meningkatkan tingkatannya dari subgenera menjadi genus.[1] Penyempurnaan lebih lanjut sudah dilaksanakan pada pengkategorian famili ini, yang pada tahun 2020 memiliki empat subfamili, sekitar 13 genera yang masih hidup, dengan sekitar 180 spesies yang terdeskripsikan.

Kebanyakan dari spesies pada famili ini adalah kepiting biola, dengan pengecualian yaity anggota dari genus Ocypode (kepiting hantu), dan Ucides, kepiting hutan bakau.[2]

Daftar genera[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah daftar genera pada Ocypodidae:[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shih, Hsi-Te (Juli 2016). "Systematics of the family Ocypodidae Rafinesque, 1815 (Crustacea: Brachyura), Based on phylogenetic relationships, With a reorganization of subfamily rankings and a review of the taxonomic status of Uca Leach, 1814, Sensu lato and its subgenera". The Raffles Bulletin of Zoology (64): 139–175. 
  2. ^ academic.oup.com https://academic.oup.com/jcb/article/39/6/729/5614985. Diakses tanggal 2023-12-20.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  3. ^ "PBDB". paleobiodb.org. Diakses tanggal 2023-12-20.