OMON

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
OMON
Struktur yurisdiksi
Wilayah hukum[[
]]

Personel aktifc. 20,000 (di Russia)

OMON adalah sub sustim dari divisi polisi khusus unit di dalam Garda Nasional Russia. Sebelumnya beroperasi dalam struktur Soviet dan Kementerian Dalam Negeri Russia. Berasal dari pasukan khusus unit Milisi Soviet pada tahun 1988, mereka telah memainkan peran utama dalam beberapa konflik bersenjata selama dan setelah tahun 1991.

OMON secara umum dikenal sebagai SOBR, cabang polisi khusus lainnya dari Garda Nasional Rusia. Dalam konteks modern, OMON berfungsi sebagai polisi anti huru-hara seperti pasukan paramiliter. Unit OMON juga berada di Belarus, Kazakhstan, Tajikistan, dan negara bekas Soviet lainnya. Namun, beberapa unit pasca-Soviet telah mengubah nama dan akronim. Penutur bahasa Rusia biasanya menyebut petugas OMON sebagai omonovtsy (bahasa Rusia: омоновцы ).

Pada tanggal 5 April 2016 OMON menjadi bagian dari Garda Nasional Rusia yang baru dibentuk, mengakhiri tahun-tahunnya sebagai bagian dari Kementerian Dalam Negeri Russia.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sliwa, Zdzislaw (2018). The Russian National Guard: A Warning or a Message? (PDF). Centre for Security and Strategic Research. hlm. 20. Diakses tanggal 12 May 2019.