Notpron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

notpron adalah permainan web browser yang dibuat oleh David Münnich pada tahun 2004. Permainan ini diinspirasi oleh permainan teka-teki "This is not Porn", yang membuat Münnich terpikir untuk membuat lima level awal dan menyimpannya dalam sebuah folder sementara bernama "notpron" dan menerbitkannya di situs web. Dalam waktu singkat, permainannya diakses ribuan orang dan akhirnya sudah terlambat untuk mengubah namanya.

Hingga 8 Juni 2017, hanya 44 orang yang berhasil menyelesaikan notpron hingga level terakhir dari total 18 juta pengunjung sejak Agustus 2004.[1][2]

Game ini menginspirasi permainan teka-teki web lainnya antara lain Truly Kryptic, Amnesya dan OddPawn.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Kashann Kilson dari Inverse menyebut game ini "kombinasi sempurna dari teka teki logika dan perburuan petunjuk di dunia online."

Level rahasia[sunting | sunting sumber]

Saat masuk ke permainan, pemain harus memasukkan kode tertentu untuk masuk ke tingkat berikutnya. Namun dengan sedikit modifikasi, pemain bisa masuk ke tingkat yang tidak biasa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nguyen, Clinton (14 November 2015). "Eleven Years Later, Only 34 People Have Solved the 'Not Pron' Internet Puzzle" (dalam bahasa English). Diakses tanggal 12 July 2016. 
  2. ^ Kilson, Kashann (14 March 2016). "5 Browser-Based Online Riddles That Will Tease Your Brain and Blow Your Mind". Inverse. Diakses tanggal 12 July 2016.