Nokia 7710

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nokia 7710
Pembuat Nokia
Jaringan GPRS, HSCSD, EDGE
Ketersediaan menurut negara 2004
Pendahulu Nokia 7700
Penerus tidak ada
Dimensi 128 x 69.5 x 19 mm
Berat 189 gram
Sistem Operasi Symbian OS / Nokia Series 90
Memori ~90MB (shared)
Kartu memori MMC
Baterai Litium-polimer, 1300 mAh
Input Layar sentuh
Layar 640 x 200 px, 65.536 warna
Kamera 1 MP, perekaman video
Konektivitas Bluetooth, Nokia Pop-Port (USB)

Nokia 7710 adalah salah satu produk Nokia dengan kemampuan layar sentuh yang dilengkapi dengan layar yang cukup besar untuk kelas ponsel setingkatnya. Ponsel ini bisa dikatakan mirip ponsel Nokia N-Gage karena penggunaannya secara horizontal.

Layar[sunting | sunting sumber]

Nokia 7710 dilengkapi dengan layar yang mempunyai resolusi 640x320 piksel dan 65 ribu warna. Dengan ukuran layar yang cukup besar, Pengguna bisa membaca banyak informasi tanpa harus melakukan terlalu banyak menggeser layar. Nokia 7710 tidak menyediakan papan kunci (tombol) karena memang sudah menggunakan layar sentuh. Sebagai alternatif, Nokia menyediakan papan kunci virtual yang akan muncul saat dibutuhkan.

Ergonomi[sunting | sunting sumber]

Dengan dimensi yang berukuran 207 x 65 x 21,6 mm, ponsel ini cukup jauh dari sebutan ergonomis. Tata letak tombol-tombolnya juga ditujukan untuk penggunaan secara horisontal, sehingga pengoperasian untuk satu tangan bisa dikatakan sangat sulit. Pengguna harus membiasakan diri untuk menggunakan ponsel ini dengan dua tangan, seperti menggunakan PDA. Untuk pengoperasian sederhana, seperti menerima panggilan, tampaknya masih bisa dilakukan dengan menggunakan satu tangan saja. Namun, aspek pengoperasian lain, seperti mengetik SMS tampaknya harus menggunakan dua tangan.

Konektivitas[sunting | sunting sumber]

Dengan ukuran dan masa yang cukup berat tersebut (175 gram), ponsel ini hanya dilengkapi dengan fasilitas bluetooth dan kabel data. Ponsel ini tidak dilengkapi dengan port IrDA. Walaupun teknologi infra merah memang mulai terasa tidak penting, apalagi jika dibandingkan dengan teknologi Bluetooth.

Kamera dan media[sunting | sunting sumber]

Kamera sepertinya sudah menjadi hal yang umum untuk ponsel keluaran terbaru. Nokia 7710 juga dilengkapi dengan kamera yang berkemampuan menangkap gambar dengan ukuran megapiksel, sehingga hasil fotonya menjadi cukup besar dan resolusinya lebih tinggi. Tentu saja, kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan juga lebih besar, karena sebuah foto dari 7710 dengan kualitas tinggi memiliki ukuran hampir 300 KB. Sebagai perbandingan, kamera biasa yang mempunyai resolusi 640x480 (VGA) pada kualitas tinggi hanya memerlukan sekitar 50 KB untuk setiap fotonya. Untungnya, kapasitas memory 7710 ini cukup besar yaitu 64 MB untuk memori internal ditambah dengan kemampuan untuk menerima MMC yang apasitasnya saat ini sudah mencapai lebih dari 512 MB. Pengguna juga akan menemukan aplikasi Visual Radio di mana aplikasi ini bisa menampilkan headline yang ada di sebuah stasiun radio sambil mendengarkan siaran radio. Tampaknya, ponsel ini merupakan ponsel Nokia pertama yang sanggup melakukan hal tersebut. Ponsel ini juga mampu menerima siaran TV langsung dengan menggunakan sebuah aksesori tambahan. Siaran TV ini tidak menggunakan jalur GPRS/EDGE melainkan menggunakan kanal tersendiri. Namun kedua aplikasi khusus di atas belum bisa dipergunakan di Indonesia, sehingga hanya Visual Radio saja yang bisa dipergunakan sebagai radio FM biasa.

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Ponsel ini sudah di lengkapi aplikasi office standar seperti Documents, Sheet, dan Presentations. Aplikasi ini bisa dipergunakan untuk membuka berbagai file office standar PC seperti Word, Excel, dan Powerpoint. Pengguna juga akan menemukan berbagai aplikasi dari pihak ketiga yang bisa di-install pada ponsel ini. Salah satunya adalah aplikasi DVD yang bisa mengkonversi DVD menjadi format AVI yang bisa diputar pada 7710. Seperti juga ponsel Symbian lain, Pengguna bisa menginstall aplikasi lain yang dibutuhkan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]