Nobuta wo Produce

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nobuta wo Produce
Nobutawoproduce.png
Poster promosi drama Nobuta wo Produce
Judul lain野ブタ。をプロデュース
GenreDrama, Persahabatan, Sekolah
Diangkat dariNovel Nobuta wo Produce oleh Gen Shiraiwa
PengarangGen Shiraiwa
Izumi Kizara
SutradaraHitoshi Iwamoto
Norika Sakuma
PemeranKazuya Kamenashi
Tomohisa Yamashita
Maki Horikita
Lagu penutupSeishun Amigo oleh Shūji to Akira
PenggubahIke Yoshihiro
NegaraJepang
BahasaBahasa Jepang
Jumlah musim1
Jumlah episode10
Produksi
ProduserHidehiro Kawano
LokasiJepang
Durasi48-53 menit
Rilis
Jaringan penyiarNTV-4
Tanggal rilis15 Oktober (2005-10-15) –
17 Desember 2005 (2005-12-17)
Kronologi
Diawali olehJō no Kyōshitsu
Dilanjutkan olehKuitan
Pranala luar
[Situs resmi Situs web]

Nobuta wo Produce[1] (野ブタ。をプロデュース, Nobuta o Purodyūsu) adalah sebuah drama televisi Jepang yang diproduksi dan ditayangkan pada tahun 2005 oleh NTV. Drama ini merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama karangan Gen Shiraiwa. Cerita dari drama ini berpusat pada kehidupan SMA Shuji dan Akira yang berusaha untuk menjadikan Nobuko yang pemalu menjadi gadis terpopuler di sekolah.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Memperkenalkan Nobuta[sunting | sunting sumber]

Shuji Kiritani (Kazuya Kamenashi) adalah seorang siswa SMA yang sangat terkenal dan dekat dengan Mariko Uehara (Erika Toda), gadis paling populer di sekolahnya, meskipun sebenarnya ia tidak benar-benar mencintai Mariko. Akira Kusano (Tomohisa Yamashita) adalah teman sekelas Shuji yang tidak memiliki teman karena sifatnya yang aneh. Ia tidak bisa membaca keadaan dengan baik, atau mungkin lebih tepatnya ia memilih untuk mengabaikan keadaan di sekelilingnya. Suatu hari, seorang gadis yang sangat pemalu, Nobuko Kotani (Maki Horikita) pindah ke sekolah mereka dan langsung saja menjadi sasaran pembullyan sekelompok gadis karena sifatnya yang pemalu. Sebagai tanda masa muda mereka, Shuji dan Akira membentuk sebuah team dan memutuskan untuk "memproduksi" Nobuko untuk membuatnya menjadi gadis paling populer di sekolah mereka. Mereka memberi Nobuko nama panggilan "Nobuta".

Memproduksi Nobuta[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar episode bercerita tentang Shuji dan Akira yang berusaha membuat Nobuta menjadi populer dengan membuatnya menjadi lebih menarik. Sementara itu, seseorang yang misterius diam-diam mencoba untuk menghentikan perbuatan Shuji dan Akira tersebut. Beruntungnya, mereka bertiga selalu berhasil mengatasinya dengan kecerdikan mereka.

Akhir[sunting | sunting sumber]

Shuji harus kehilangan popularitasnya setelah kebohongannya dengan Mariko terungkap dan tidak membantu ketika salah seorang teman sekelasnya dipukuli. Meskipun begitu, dengan mengetahui bahwa 2 orang teman baiknya, Akira dan Nobuta, akan selalu ada untuknya, Shuji berhasil mengatasi masalah tersebut. Akan ada juga kisah tentang Aoi, teman baik Nobuta selain Shuji dan Akira, yang ternyata merupakan murid misterius yang selalu mencoba untuk mengagalkan usaha Shuji dan Akira dalam "memproduksi" Nobuta. Di episode terakhir, Shuji dan keluarganya harus pindah dari Tokyo karena pekerjaan ayahnya. Akira mengikuti Shuji ke daerah barunya dan mengejutkannya dengan muncul di sekolah baru Shuji. Nobuta ditinggalkan sendirian di Tokyo, namun ia mulai dapat menghilangkan rasa malunya. Ia juga mulai menjadi populer di antara para murid dan tidak lagi dibully. Akhir dari drama ini memperlihatkan ketiga karakter yang "dapat hidup dimanapun [mereka] berada", dan mengajarkan tentang arti dari persahabatan dan cinta.

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Drama ini berpusat pada 3 orang karakter utama: Shuji, Akira, dan Nobuko (Nobuta).

Shuji Kiritani[sunting | sunting sumber]

Shuji Kiritani

Shuji Kiritani (桐谷 修二, Kiritani Shūji) memperlakukan segala sesuatu di kehidupannya sebagai permainan, dan oleh karena itu, ia hidup dengan kebohongan. Ia percaya bahwa dengan mempertahankan karakter yang "keren", ia dapat mencapai tujuan hidupnya tanpa ada hambatan. Karena ia memilih untuk menyembunyikan karakter sebenarnya, sebenarnya Shuji adalah seseorang yang sangat kesepian. Meskipun ia tidak mencintai Maruko, ia makan siang dengannya setiap hari dengan tujuan untuk menaikkan popularitasnya. Ia hanya benar-benar terbuka kepada Akira dan Nobuta, dan menganggap mereka berdua sebagai satu-satunya sahabatnya. Selalu mementingkan perasaan orang lain dibandingkan dirinya sendiri, Shuji tidak pernah bisa berkata "tidak". Ia selalu mengunci perasaannya sendiri, dan tidak pernah protes.

Akira Kusano[sunting | sunting sumber]

Akira Kusano

Tidak seperti Shuji, Akira Kusano (草野 彰, Kusano Akira) tidaklah populer di sekolah. Akira selalu menemukan cara untuk membuat Shuji merasa terganggu. Meskipun begitu, mereka menjadi teman baik di akhir cerita. Karena terlahir di keluarga yang kaya raya, Akira lah yang selalu membiayai perbuatan-perbuatan mereka. Dengan tidak bertujuan untuk mengikuti jejak ayahnya, presiden di sebuah perusahaan, Akira memiliki jiwa bebas yang lebih suka hidup dalam kemiskinan dan menikmati masa mudanya. Pada suatu titik dalam cerita, Akira diceritakan memiliki perasaan terhadap Nobuta. Namun, ia tidak mengungkapkan perasaannya karena ia tahu bahwa ia tidak bisa membuat Nobuta bahagia. Ia memiliki bakat dalam karate dan dapat memukuli penganggu dengan mudah. Selain itu, ia memiliki sifat pemaaf yang siap memaafkan dan melupakan suatu masalah asal itu dapat mempertahankan persahabatannya dengan Akira dan Nobuta.

Nobuko Kotani[sunting | sunting sumber]

Nobuko Kotani

Nobuko Kotani (小谷 信子, Kotani Nobuko) adalah seorang gadis yang menjadi pemalu dan tampak menyedihkan setelah ditolak oleh ayah angkatnya saat masih kecil. Mengikuti itu, karena ia sulit berinteraksi dengan murid lainnya, ia menjadi dibully di sekolahnya. Karena itu, Nobuko sering diejek. Ia percaya bahwa di manapun ia berada, atau seberapa berat ia mencoba, dunia akan tetap menolaknya. Dengan bantuan dan dorongan Shuji dan Akira, ia mulai terbuka dengan orang lain. Nobuko menganggap Shuji dan Akira sebagai 2 orang terpenting di hidupnya. Di akhir cerita, ia akhirnya memiliki cukup keyakinan untuk tersenyum dan melanjutkan bersosialisasi, meskipun tanpa Shuji dan Akira.

Karakter minor[sunting | sunting sumber]

Mariko Uehara[sunting | sunting sumber]

Kekasih populer Shuji yang pandai bermain basket. Mariko Uehara (上原 まり子, Uehara Mariko) membawakan Shuji makan siang tiap hari yang menunjukkan tekadnya untuk membuat Shuji mencintainya sama seperti ia mencintai Shuji. Meskipun hatinya hancur ketika mengetahui bahwa Shuji tidak menerima perasaannya, ia secara perlahan mulai dapat menerima hal itu. Meskipun ia bukanlah anggota resmi tim produksi Nobuta, ia sangat diperlukan untuk membantu Nobuta. Di akhir cerita, ia menjadi teman baik Nobuta ketika Shuji dan Akira pergi.

Kasumi Aoi[sunting | sunting sumber]

Antagonis utama dari drama ini, meskipun hal itu baru diketahui di akhir cerita. Kasumi selalu mencoba untuk menghancurkan rencana Shuji, Akira, dan Nobuta, menikmati saat-saat menghancurkan kehidupan seseorang dan membuat orang lain sedih. Karena Nobuta menganggap Kasumi sebagai teman pertamanya, tidak ada yang mencurigai tujuannya hingga Shuji berhasil mengetahui hal tersebut. Pada akhir cerita, Kasumi mempelajari pelajaran penting tentang persahabatan dan penebusan, dan diberi kesempatan untuk mengubah hidupnya oleh Nobuko karena kebaikan hatinya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Kelas 2B

Kredit produksi[sunting | sunting sumber]

Cover novel Nobuta wo Produce oleh Gen Shiraiwa.
  • Karya original: Novel Nobuta wo Produce oleh Gen Shiraiwa
  • Penulis naskah: Izumi Kizara
  • Produser: Hidehiro Kono
  • Sutradara: Hitoshi Iwamoto, Noriyoshi Sakuma
  • Musik: Yoshihiro Ike

Informasi episode[sunting | sunting sumber]

Episode Judul Tanggal tayang Rating
(Kanto)
01 Membuat murid pindahan yang dibully menjadi populer (いじめられっこ転校生を人気者に, Ijimerarekko Tenkousei o Ninkimono ni) 15 Oktober 2005 16,1%
02 (Rahasia) Rencana utama: Cantik ((秘)キレイ大作戦, (Hi) Kirei Daisakusen) 22 Oktober 2005 14,9%
03 Festival budaya horor (恐怖の文化祭, Kyoufu no Bunkasai) 29 Oktober 2005 17,0%
04 Taktik pengakuan cinta (恋の告白作戦, Koi no Kokuhaku Sakusen) 5 November 2005 16,4%
05 Kencan mimpi buruk (悪夢のデート, Akumu no Deto) 12 November 2005 17,1%
06 Masa muda orang tua dan anak (親と子の青春, Oya to Ko no Seishun) 19 November 2005 17,7%
07 Lelaki yang membuat wanita menangis (女を泣かす男, Onna o Nakasu Otoko) 26 November 2005 16,7%
08 Wujud sebenarnya bullying (いじめの正体, Ijime no Shoutai) 3 Desember 2005 18,0%
09 Teman bahkan jika terpisah (別れても友達, Wakarete mo Tomodachi) 10 Desember 2005 16,8%
10 Selamat tinggal amigo (さようならアミーゴ, Sayōnara Amigo) 17 Desember 2005 18,2%
Rata-rata 16,89%

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Hasil Penerima
2006 9th Nikkan Sports Awards Aktor Pendukung Terbaik Menang[2] Tomohisa Yamashita
47th annual Japanese Television Academy Awards Drama Terbaik Menang[3] Nobuta wo Produce
Aktor Terbaik Menang[3] Kamenashi Kazuya
Aktris Pendukung Terbaik Menang[3] Maki Horikita
Sutradara Terbaik Menang[3] Iwamoto Hitoshi
Penulis Naskah Terbaik Menang[3] Kizara Izumi
Aransemen Musik Terbaik Menang[3] Nobuta wo Produce

Musik[sunting | sunting sumber]

Lagu tema drama ini yang berjudul "Seishun Amigo" dinyanyikan oleh Shūji to Akira, sebuah unit masa terbatas yang beranggotakan Kazuya Kamenashi dari KAT-TUN dan Tomohisa Yamashita dari NEWS. Nama grup ini diambil dari nama tokoh yang mereka perankan dalam drama Nobuta wo Produce. Single "Seishun Amigo" berhasil memuncaki tangga lagu Oricon tahun Jepang pada tahun 2005, dengan penjualan lebih dari 1 juta copy.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.ntv.co.jp/english/pc/ntv-dramas.pdfPDF
  2. ^ "歴代受賞者と受賞作品" (dalam bahasa Jepang). Nikkan Sports. Diakses tanggal 6 November 2015. 
  3. ^ a b c d e f 47th_Television_Drama_Academy_Awards_(25/01/2006) "47th Television Drama Academy Awards (25/01/2006)" Periksa nilai |url= (bantuan) (dalam bahasa Spanyol). Drama Wikia. Diakses tanggal 6 November 2015. 
  4. ^ "2005 Oricon Top 100 Singles" (dalam bahasa Inggris). Generasia. Diakses tanggal 6 November 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]