Ninnaji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Balai Utama Ninnaji

Ninnaji (仁和寺) atau Kuil Ninna adalah komplek kuil Buddha yang terletak di Kota kyoto, Jepang.

Kuil yang awalnya dinamakan Nishiyamagoganji ini, didirikan pada Zaman Heian oleh Kaisar Koko. Pada saat kematiannya, Kaisar Uda melanjutkan pembangunan dan menyelesaikan kuil pada tahun ke-4 Era Ninna (tahun 888). Setelah turun tahta, Kaisar Uda mendedikasikan diri sebagai biksu aliran Shingon. Sejak saat itu, kuil Ninna dijuluki sebagai Istana Kekaisaran Omuro dimana salah satu anggota keluarga kekaisaran bertugas sebagai biksu kepala sampai Restorasi Meiji.

Kuil Ninna menyimpan beberapa pusaka nasional yang dipamerkan pada musim semi dan gugur, termasuk patung Shakyamuni yang berasal dari tahun 1252.[1]

Saat musim semi, kuil ini terkenal akan keindahan pemandangan omurozakura yang bermekaran, seringkali dibandingkan dengan sakura di Gunung Yoshino.[2]

Kini Ninnaji merupakan kuil utama Sekolah Omuro dari Sekte Shingon. Pada tahun 1994, kuil ini ditetapkann sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

  • Gerbang Niou atau Nioumon, jalan masuk ke dalam komplek kuil. Gerbang ini memuat patung Niozou yaitu Agyo dan Ungyo.
  • Chumon atau Gerbang Tengah yang dicat berwarna merah.
  • Hondo atau Balai Utama, merupakan gedung utama kuil yang menjadi tempat memuliakan Amida Sanzon. Hondo didirikan pada Era Keicho sebagai Balai Shinsinden istana kekaisaran dan dipindahkan ke komplek ini, sehingga bangunan ini merupakan cerminan arsitektur istana periode kuna.
  • Pagoda Lima Tingkat atau Gojunoto. Di dindingnya diberi hiasan berupa gambar Buddhis Shingonhasso serta lambang berbentuk bunga krisan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ninnaji, taleofgenji. 27-04-2020.
  2. ^ Japan’s Top 100 Blossoms: Ninna-ji Temple (Kyoto), nippon.com. 27-04-2020.