Ninjago: Prime Empire

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Ninjago: Prime Empire
Musim 12
Dibintangi
Negara asalKanada
Jml. episode16
Rilis
Jaringan asliCartoon Network
Tanggal disiarkan19 Juli (2020-07-19) –
30 Agustus 2020 (2020-08-30)
Kronologi musim
Berikutnya →
Master of the Mountain
Daftar episode

Prime Empire adalah musim kedua belas dari serial televisi animasi komputer Ninjago (berjudul Ninjago: Masters of Spinjitzu sebelum musim kesebelas). Serial ini dibuat oleh Michael Hegner dan Tommy Andreasen. Musim ditayangkan dari 19 Juli 2020 hingga 30 Agustus 2020, mengikuti musim kesebelas berjudul Secrets of the Forbidden Spinjitzu. Itu digantikan oleh musim ketiga belas berjudul Master of the Mountain.

Tema musim kedua belas adalah video game, dengan pengenalan dunia video game fiksi di alam semesta Ninjago bernama "Prime Empire". Plot mengikuti karakter ninja utama saat mereka mencari pembuat video game setelah kemunculannya kembali di Kota Ninjago. Saat pemain mulai terjebak di dalam game, termasuk karakter utama Jay, ninja harus masuk ke dalam game untuk menemukan teman mereka. Alur ceritanya melibatkan para karakter ninja yang harus bersaing di berbagai game di dalam Prime Empire sebelum menghadapi bos game utama bernama Unagami.[1]

Pemeran suara[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Colin Murdock sebagai Bob the Intern[22]
  • Sam Vincent sebagai Ritchie[23]
  • Mary Black sebagai Ny. Dyer[24]
  • Vincent Tong sebagai Sushi Chef[25]
  • Michael Daingerfield sebagai Tony si Bartender[26]
  • Zion Simpson sebagai Anak Unagami[27]

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Co-creator Tommy Andreasen menyatakan di Twitter bahwa Prime Empire terinspirasi oleh legenda urban Polybius, sebuah game arcade fiktif tahun 1980-an.[28][29]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Trailer teaser berdurasi 30 detik dirilis pada 5 Februari 2020 di saluran YouTube Lego untuk mempromosikan musim tersebut.[29][30] Ini diikuti dengan perilisan trailer resmi pada 10 Maret 2020.[31] Musim perdana di Cartoon Network pada 19 Juli 2020 dengan episode pertama berjudul Would You Like to Enter Prime Empire? Episode-episode selanjutnya dirilis sepanjang Juli dan Agustus 2020 hingga perilisan akhir musim berjudul Game Over pada 30 Agustus 2020.[32]

Plot[sunting | sunting sumber]

Episode[sunting | sunting sumber]

Episode Prime Empire
No.
total
No.
musim
JudulSutradaraPenulis skenarioTanggal tayang asliPenonton A.S.
(juta)
1291"Would You Like to Enter Prime Empire?"Wade CrossAlisha Brophy & Scott Miles19 Juli 2020 (2020-07-19)0.28[33]
Para Mekanik dan anak buahnya menyusup ke gudang elektronik tua untuk mencari motherboard misterius. Ninja mempelajari pencurian tersebut dan tiba untuk menggagalkan serangan tersebut. Tapi mereka benar-benar tidak tahu apa yang diinginkan Mekanik itu, jadi mereka pergi ke markas Mekanik untuk mencari petunjuk. Di sana, para ninja menemukan game arkade legendaris yang belum pernah dirilis bernama Prime Empire. Menyadari bahwa game tersebut tidak memiliki motherboard, Jay memasukkan motherboard tersebut dan game tersebut melakukan booting. Saat Jay memainkan permainan, ninja lain masuk ke kantor pribadi Mekanik tempat mereka mencegat panggilan telepon yang ditujukan untuk Mekanik. Itu adalah penjahat baru misterius bernama Unagami, yang tampaknya bekerja untuk Mekanik. Sementara itu, Jay secara tidak sengaja memicu denyut energi yang mengubah semua game arcade di Kota Ninjago menjadi game arcade Prime Empire.
1302"Dyer Island"Daniel IfeAlisha Brophy & Scott Miles19 Juli 2020 (2020-07-19)0.23[34]
Ketika para ninja mengetahui bahwa Jay telah menghilang ke dalam game arcade, mereka menginterogasi sang Mekanik, berharap mengetahui siapa Unagami misterius itu dan bagaimana mereka bisa mendapatkan Jay kembali. Tetapi sang Mekanik menolak untuk berbicara. Saat mereka berada di kantor polisi, mereka mengetahui dari Komisaris bahwa sesuatu yang aneh telah memengaruhi semua game arcade di Kota Ninjago, mengubahnya menjadi game Prime Empire. Khawatir siapa pun yang memainkannya akan menghilang seperti Jay, ninja tersebut mendesak Komisaris untuk mengeluarkan lemari dari game arcade. Saat polisi bergegas untuk mematuhinya, ninja tersebut pergi ke Pulau Dyer, sebuah pulau di luar Kota Ninjago, tempat mereka berharap menemukan Milton Dyer, pencipta Kekaisaran Utama. Di Dyer Island, sang ninja malah bertemu dengan Bob the Intern, yang dulunya bekerja untuk Dyer. Bob menjelaskan bahwa Prime Empire adalah proyek yang ditutup oleh perusahaan tempat Dyer bekerja karena terlalu berbahaya, dan Milton Dyer bersumpah untuk membalas dendam pada industri game sesudahnya. Ninja tersebut kemudian menyimpulkan bahwa Dyer pastilah Unagami.
1313"Level Thirteen"Shane PoettckerAlisha Brophy & Scott Miles19 Juli 2020 (2020-07-19)0.22[35]
Semakin banyak orang menghilang di Kota Ninjago, sementara para ninja berebut untuk membuka rahasia game arkade Prime Empire. Mereka memutuskan untuk membawa game tersebut ke Cyrus Borg, berharap dia dapat membantu mereka memecahkan kode pemrograman dan melepaskan semua pemain yang telah diambil (termasuk Jay). Sementara itu, Mekanik dan anak buahnya sedang beristirahat di Penjara Kryptarium saat sistem keamanan penjara mulai bertingkah. Unagami meretas sistem keamanan dan melepaskan para tahanan, memerintahkan mereka untuk mendapatkan kembali game arkade Prime Empire dari ninja. Mekanik, Ultra Violet, dan Kapten Soto melarikan diri, bergegas ke Menara Borg dan memulai serangan mereka, berjuang melewati sistem keamanan gedung untuk mencapai lantai 100. Borg memberi tahu ninja bahwa hanya ada satu cara untuk melepaskan pemain yang terperangkap - dengan menghentikan Unagami. Cole memainkan game arcade dan mencoba mencapai Level Tiga Belas. Dia berhasil, dan ninja memasuki permainan.
1324"Superstar Rockin' Jay"Wade CrossKevin Burke & Chris "Doc" Wyatt19 Juli 2020 (2020-07-19)0.23[36]
Para ninja muncul di dalam Prime Empire dan segera kabur ketika mereka menemukan skuadron Red Visor menunggu mereka! Mereka dikejar melalui pasar oleh Red Visor dan terpojok. Untungnya, sekelompok pemberontak bernama League of Jays datang untuk menyelamatkan mereka. Ninja awalnya bingung tetapi segera menemukan bahwa selama waktu Jay dalam permainan, dia mengumpulkan penggemar yang telah mengabdikan diri pada "ajaran" -nya. League of Jays membantu ninja melarikan diri dari Red Visor dan membawa mereka ke Scott, mekanik mobil balap. Saat mereka melintasi pasar, ninja membuat beberapa penemuan. Mereka belajar bahwa keterampilan ninja mereka tidak berfungsi di dunia digital ini. Keterampilan hanya dapat dibeli atau diperoleh dengan memainkan game. Mereka kemudian mengetahui bahwa mereka memiliki empat nyawa, dan ketika mereka kehilangan nyawa itu, mereka akan diubah menjadi kubus energi dan dibawa pergi oleh drone terbang.
1335"I am Okino"Daniel IfeKevin Burke & Chris "Doc" Wyatt26 Juli 2020 (2020-07-26)0.23[37]
Okino adalah prajurit Samurai yang serius dan terikat tugas yang tidak menyadari bahwa Kerajaan Perdana adalah sebuah permainan, karena dia adalah bagian darinya. Tugasnya adalah memimpin pemain melewati tiga bahaya Terra Karana - Hutan Ketidakpuasan, Tebing Histeria, dan Labirin Naga Merah tempat Key-tana pertama berada. Sayangnya, permainan ini hampir mustahil dan Okinawa dengan cepat mengecewakan tuannya, yang didematerialisasi menjadi kubus energi. Karena semakin banyak master yang "dipotong dadu", Okinawa mulai kehilangan kepercayaan pada kemampuannya. Suatu hari, Okino bertemu dengan Samurai lain seperti dirinya yang lebih berhasil membuat tuannya tetap hidup. Okino menginternalisasi ini sebagai kesalahannya sendiri sehingga dia melatih dan mendorong dirinya sendiri tidak seperti sebelumnya. Terlepas dari semua usahanya, dia kehilangan lebih banyak master. Okinawa bersiap untuk meninggalkan tanggung jawabnya saat sekelompok pelancong terakhir tiba, meminta bantuannya. Itu adalah ninja.
1346"The Glitch"Shane PoettckerBragi Schut26 Juli 2020 (2020-07-26)0.23[38]
Pemandu Samurai, Okino, memimpin ninja ke tantangan pertama Terra Karana yang mematikan: Hutan Ketidakpuasan, terdiri dari hutan gelap yang dalam, penuh dengan jebakan. Saat ninja berjuang melewatinya, mereka mulai kehilangan nyawa, tetapi dengan bantuan Okinawa, mereka bertahan dan mencapai tengah hutan. Di sana, mereka disergap oleh Whack Rats tetapi ninja mampu melawan mereka. Lloyd mengikat pemimpinnya, seekor tikus bernama Richie. Untuk mendapatkan pembebasannya, Richie memberi tahu Lloyd bahwa dia tahu tentang "kesalahan" dalam game, yang akan memungkinkan ninja untuk melewati jebakan lainnya dan mencapai sisi lain Hutan. Okino segera menyadari Prime Empire bukanlah tempat yang nyata, hanya sebuah simulasi dan dia adalah bagian darinya. Lloyd melepaskan Ritchie, yang memandu ninja ke tempat kesalahan dan disergap oleh Red Visor. Okinawa datang untuk menyelamatkan mereka dan membantu ninja melarikan diri.
1357"The Cliffs of Hysteria"Wade CrossBragi Schut2 Agustus 2020 (2020-08-02)0.14[39]
Para Ninja tiba di Tebing Histeria di mana mereka bertemu Shifty, seorang pedagang yang menjalankan meja di dasar tebing. Shifty menjual beberapa pengait dan tali pengait kepada ninja. Sayangnya, ninja tidak memiliki cukup uang untuk membeli "Tali Daya Tahan Tertinggi" dan memilih "Tali Integritas yang Dipertanyakan". Lebih buruk lagi, saat mereka membeli tali, mereka ditemukan oleh salah satu drone udara Unagami. Satu skuadron Red Visor dengan cepat tiba dan mengejar ninja itu ke atas tebing. Para ninja yang hanya memiliki tali harus memanjat sedangkan Red Visor memiliki sepatu jet dan mampu mengejar dengan cepat. Selama pertempuran berikutnya, Cole hampir kalah, tetapi diselamatkan di saat-saat terakhir oleh Kai, yang berani melompat ke belakang drone terbang dan menggunakan drone untuk meledakkan Red Visor. Mereka mengetahui bahwa Unagami menggunakan kubus energi untuk membangun portal ke Kota Ninjago.
1368"The Maze of the Red Dragon"Daniel IfeKevin Burke & Chris "Doc" Wyatt2 Agustus 2020 (2020-08-02)0.17[40]
Saat ninja dan Okino mendekati Labirin Naga Merah, Unagami menggunakan kendalinya atas Kerajaan Perdana untuk "menghentikan sementara" semua pemain kecuali Okino. Dia muncul di hadapan Okino, mendesak Okino untuk mengkhianati ninja dan tidak membantu mereka melawan Naga Merah menakutkan yang menunggu ninja di jantung labirin. Jika Okinawa mengkhianati mereka, Unagami berjanji untuk membawanya ke dunia nyata. Dia kemudian menghilang dan mengembalikan ninja kembali normal. Ninja tiba di jantung labirin dan menemukan diri mereka dikalahkan oleh Naga Merah, dan memohon bantuan Okinawa. Okinawa bergumul dengan keputusannya tetapi dengan hati nurani yang baik tidak bisa mengkhianati ninja. Dia menentang Unagami, penciptanya, dan membantu ninja mengalahkan Naga Merah dengan mengungkapkan kelemahannya: sisik di dadanya. Ninja mengalahkan naga dan Jay memberikan pukulan terakhir. Naga Merah berubah warna dan menghilang menjadi jimat. Ninja kemudian melanjutkan pencarian mereka.
1379"One Step Forward, Two Steps Back"Shane PoettckerAlisha Brophy & Scott Miles9 Agustus 2020 (2020-08-09)0.20[41]
Setelah memperoleh Key-tana pertama, ninja memasuki zona permainan kedua Kerajaan Utama, Terra Technica, di mana mereka mengetahui bahwa Key-tana kedua hanya dapat dimenangkan dengan memenangkan perlombaan berbahaya yang disebut Speedway Five-Billion. Para Ninja tersebut menyadari bahwa mereka tidak memiliki kredit game yang cukup untuk mengikuti perlombaan, tetapi mendapatkan kredit saat Jay dan Nya memenangkan kompetisi dansa.
13810"Racer Seven"Wade CrossBragi Schut9 Agustus 2020 (2020-08-09)0.21[42]
Para Ninja meminta bantuan Scott untuk mendapatkan 5 mobil balap. Scott menunjukkan kepada mereka tempat barang rongsokannya di mana dia memiliki 5 kendaraan yang dapat diperbaiki pada waktunya. Lloyd pergi ke arena pacuan kuda dan menonton balapan langsung, berharap untuk belajar sebanyak mungkin tentang Speedway Five-Billion yang brutal. Seorang pembalap secara khusus mengesankan Lloyd - seorang pembalap mobil yang dikenal sebagai 'Racer Seven'. Lloyd merekrutnya untuk membantu mereka memenangkan perlombaan.
13911"The Speedway Five-Billion"Daniel IfeBragi Schut16 Agustus 2020 (2020-08-16)0.25[43]
Red Visor menemukan lokasi garasi Scott dan Scott mengorbankan dirinya untuk memberi ninja kesempatan untuk melarikan diri dan mereka lari. Para Ninja memasuki Speedway Five-Billion tepat pada waktunya, tepat saat balapan dimulai, dan dengan cepat menemukan diri mereka kewalahan. Cole dan Kai dengan berani mengorbankan diri mereka untuk memberi kesempatan kepada rekan satu tim mereka untuk menang. Namun, dengan bantuan Racer Seven, mereka berhasil memenangkan Key-tana kedua.
14012"Stop, Drop and Side Scroll"Shane PoettckerAlisha Brophy & Scott Miles16 Agustus 2020 (2020-08-16)0.22[43]
Hancur karena kehilangan Cole dan Kai, ninja yang selamat terus maju ke zona permainan ketiga dan terakhir Prime Empire - Terra Domina. Mereka akhirnya tiba di tingkat paling atas di mana suara Unagami memberi tahu mereka bahwa salah satu ninja sekarang akan menghadapi bentuk penantangnya yang paling ditakuti. Lloyd terpilih dan mendapati dirinya menghadapi avatar Harumi. Lloyd berhasil mengalahkan Harumi dan memenangkan Key-tana ketiga dan terakhir untuk tim. Lloyd, bagaimanapun, juga kehilangan nyawa terakhirnya dalam proses itu.
14113"Ninjago Confidential"Wade CrossKevin Burke & Chris "Doc" Wyatt23 Agustus 2020 (2020-08-23)0.27[44]
Zane dan P.I.X.A.L. mengunjungi kontak masa kecil Milton Dyer's yang memberi tahu mereka bahwa Dyer sering mengunjungi aula arcade video lama bernama Buddy's Pizza. Mereka menuju ke sana untuk mencari Dyer, tetapi bertemu dengan Mekanik, yang menculik Zane. P.I.X.A.L. akhirnya menemukan Milton Dyer, yang memberitahunya bahwa Unagami "adalah permainannya". Dia tidak menyadari betapa berbahayanya itu, dan mencoba mematikannya.
14214"The Prodigal Father"Daniel IfeKevin Burke & Chris "Doc" Wyatt23 Agustus 2020 (2020-08-23)0.24[44]
Anak buah Mekanik menangkap Master Wu dan membawanya ke gudang Mekanik. Mekanik menggunakan dia sebagai pengungkit untuk memaksa Zane mengungkapkan lokasi motherboard yang dia perlukan untuk membuka Gerbang Manifestasi, di mana Unagami akan memasuki dunia nyata. Wu berhasil mengaktifkan pelacak lokasi GPS, yang mengungkapkan lokasinya ke P.I.X.A.L. Namun, dia dan Dyer datang terlambat. Zane terhubung ke Gerbang Manifestasi sebagai sejenis prosesor, menyebabkan dia pingsan akibat lonjakan energi yang disebabkan oleh gerbang.
14315"The Temple of Madness"Shane PoettckerAlisha Brophy & Scott Miles30 Agustus 2020 (2020-08-30)0.24[45]
Jay harus berdiri sendiri melawan Unagami di akhir game, setelah Nya kehilangan seluruh nyawanya karena ditusuk dari belakang oleh NPC bernama Sushimi, namun Unagami memiliki pertarungan yang lebih besar dalam menghadapi kebenaran tentang identitasnya sendiri. Jay menemukan bahwa Unagami sebenarnya adalah AI dari game tersebut dan bukan Milton Dyer. Unagami menggunakan kubus energi dari Nya untuk menyelesaikan Gerbang Manifestasi, dan melewatinya. Jay mengikutinya.
14416"Game Over"Wade CrossBragi Schut30 Agustus 2020 (2020-08-30)0.23[45]
Unagami masuk ke dunia nyata dan meneror Kota Ninjago bersama pasukannya. Jay melepaskan Zane dari gerbang. Zane, P.I.X.A.L., dan Master Wu melawan pasukan pasukan Unagami sementara Jay mengejar Unagami sendiri. Jay memimpin Unagami ke puncak Menara Borg, di mana dia bertemu dengan yang lain bersama dengan Milton Dyer sendiri. Dyer menjelaskan kepada Unagami mengapa dia menutupnya dan bahwa kekacauan dan kehancuran bukanlah tujuannya. Akhirnya, Unagami mengerti. Dia mengambil bentuk anak kecil dan setuju untuk membebaskan semua orang yang terperangkap di dalam Prime Empire, termasuk ninja lain, pemain yang terperangkap, Scott, dan NPC. Jay, Zane, P.I.X.A.L., dan Wu bersatu kembali dengan ninja lain sementara Unagami dan Milton Dyer hidup bahagia bersama.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2021, Prime Empire menerima tiga nominasi dalam kategori Seri Animasi dari Penghargaan Leo Awards untuk Pengarahan Seni Terbaik, Suara, dan Penampilan Suara.[46] Kenny Ng diumumkan sebagai pemenang Arahan Seni Terbaik untuk episode Superstar Rockin' Jay.[47]

Media lain[sunting | sunting sumber]

Musim tersebut didahului dengan perilisan enam film pendek berjudul Prime Empire Original Shorts, yang dirilis di saluran YouTube Lego. Film pendek tersebut memperkenalkan beberapa karakter utama musim ini termasuk Unagami dan Sang Mekanik.[48]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Sekunder[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yates, Jack (2021-02-01). "LEGO NINJAGO from thought to theme: Game on" [LEGO NINJAGO dari pemikiran ke tema: Game on]. Brick Fanatics (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-23. 
  2. ^ "Lloyd". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-22. 
  3. ^ "Kai". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-22. 
  4. ^ "Jay". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-22. 
  5. ^ "Zane". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-22. 
  6. ^ "Cole". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-22. 
  7. ^ "Nya". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-22. 
  8. ^ "Sensei Wu". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-22. 
  9. ^ "P.I.X.A.L." Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-22. 
  10. ^ Redman, Dean. "Are you ready for #Unagami & the #Primeempire?". Twitter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-25. 
  11. ^ "Mark Hildreth". TVGuide.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-25. 
  12. ^ "The Mechanic". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-25. 
  13. ^ a b "Adrian Petriw (visual voices guide)". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-29. 
  14. ^ "Alessandro Juliani (visual voices guide)". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-29. 
  15. ^ "Racer Seven". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-29. 
  16. ^ "Police Commissioner". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-29. 
  17. ^ "Sharon Alexander (visual voices guide)". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-29. 
  18. ^ "Noble Voices (LEGO Ninjago)". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-29. 
  19. ^ "Bill Newton (visual voices guide)". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-29. 
  20. ^ "Cyrus Borg". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-29. 
  21. ^ "Darreth Voices (LEGO Ninjago)". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-29. 
  22. ^ "Colin Murdock (visual voices guide)". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-29. 
  23. ^ "Sam Vincent (visual voices guide)". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-29. 
  24. ^ "Mary Black (visual voices guide)". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-29. 
  25. ^ "Vincent Tong (visual voices guide)". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-29. 
  26. ^ "Michael Daingerfield (visual voices guide)". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-29. 
  27. ^ "Zion Simpson (visual voices guide)". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-29. 
  28. ^ Andreasen, Tommy (5 February 2020). "Would you like to enter Prime Empire?". Twitter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-05-18. 
  29. ^ a b Bradley, Dan (2020-02-06). "LEGO Ninjago Season 12 Teaser Trailer and Unusual Influence Revealed". TheHDRoom (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-05-18. 
  30. ^ LEGO® NINJAGO® Prime Empire: New season teaser (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2021-05-18 
  31. ^ Ninjago Prime Empire Official Trailer – LEGO® NINJAGO® (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2021-05-18 
  32. ^ "Shows A-Z - ninjago: masters of spinjitzu on cartoon | TheFutonCritic.com". www.thefutoncritic.com. Diakses tanggal 2021-05-25. 
  33. ^ Mitch Metcalf (July 21, 2020). "Top 150 Sunday Cable Originals & Network Finals: 7.19.2020". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 21, 2020. Diakses tanggal July 21, 2020. 
  34. ^ Mitch Metcalf (July 21, 2020). "Top 150 Sunday Cable Originals & Network Finals: 7.19.2020". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 21, 2020. Diakses tanggal July 21, 2020. 
  35. ^ Mitch Metcalf (July 21, 2020). "Top 150 Sunday Cable Originals & Network Finals: 7.19.2020". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 21, 2020. Diakses tanggal July 21, 2020. 
  36. ^ Mitch Metcalf (July 21, 2020). "Top 150 Sunday Cable Originals & Network Finals: 7.19.2020". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 21, 2020. Diakses tanggal July 21, 2020. 
  37. ^ Mitch Metcalf (July 28, 2020). "Top 150 Sunday Cable Originals & Network Finals: 7.26.2020". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 28, 2020. Diakses tanggal July 28, 2020. 
  38. ^ Mitch Metcalf (July 28, 2020). "Top 150 Sunday Cable Originals & Network Finals: 7.26.2020". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 28, 2020. Diakses tanggal July 28, 2020. 
  39. ^ Mitch Metcalf (August 4, 2020). "Top 150 Sunday Cable Originals & Network Finals: 8.2.2020". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 5, 2020. Diakses tanggal August 4, 2020. 
  40. ^ Mitch Metcalf (August 4, 2020). "Top 150 Sunday Cable Originals & Network Finals: 8.2.2020". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 5, 2020. Diakses tanggal August 4, 2020. 
  41. ^ Mitch Metcalf (August 11, 2020). "Top 150 Sunday Cable Originals & Network Finals: 8.9.2020". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 11, 2020. Diakses tanggal August 11, 2020. 
  42. ^ Mitch Metcalf (August 11, 2020). "Top 150 Sunday Cable Originals & Network Finals: 8.9.2020". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 11, 2020. Diakses tanggal August 11, 2020. 
  43. ^ a b Mitch Metcalf (2020-08-16). "Top 150 Sunday Cable Originals & Network Finals: 8.16.2020". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-18. Diakses tanggal 2021-01-24. 
  44. ^ a b Mitch Metcalf (2020-08-23). "Top 150 Sunday Cable Originals & Network Finals: 8.23.2020". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-25. Diakses tanggal 2021-01-24. 
  45. ^ a b "SHOWBUZZDAILY's Top 150 Sunday Cable Originals & Network Finals: 8.30.2020 | Showbuzz Daily". www.showbuzzdaily.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 September 2020. Diakses tanggal 17 January 2022. 
  46. ^ "2021 LEO AWARDS, Nominees by Program". secure.leoawards.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-01-15. Diakses tanggal 2021-05-26. 
  47. ^ "2021 LEO AWARDS, Nominees & Winners by Name". secure.leoawards.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-10-31. Diakses tanggal 2021-07-08. 
  48. ^ Bradley, Dan (2020-02-06). "LEGO Ninjago Season 12 Teaser Trailer and Unusual Influence Revealed". TheHDRoom (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-05-07.