Nieuwe Tilburgsche Courant

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Nieuwe Tilburgsche Courant adalah sebuah surat kabar yang terbit di Tilburg dari tahun 1879 sampai 1964. Secara tradisional, surat kabar ini memiliki hubungan dengan serikat dagang Katolik. Pada tahun 1964 Nieuwe Tilburgsche Courant digabungkan ke dalam Het Nieuwsblad van het Zuiden.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Edisi pertama dari surat kabar ini diterbitkan pada tanggal 9 April 1879 dan diterbitkan oleh mantan personel zouave, Antoine Arts. Surat kabar ini terbit pada hari Rabu dan Sabtu dalam edisi seribu eksemplar. Pada awal abad ke-19, serikat dagang Katolik menggunakan koran ini sebagai penyambung lidah mereka. Atas prakarsa para produsen tekstil di Tilburg (antara lain Henri Blomjous), Het Nieuwsblad van het Zuiden didirikan pada tanggal 6 Agustus 1917. Surat kabar ini harus mengimbangi pertumbuhan serikat pekerja yang semakin kuat. Dari tahun 1917, Tilburg memiliki tiga surat kabar: Tilburg Courant, Nieuwe Tilburgse Courant dan Het Nieuwsblad van het Zuiden.

Nieuwe Tilburgsche Courant terus terbit selama pendudukan Jerman di Belanda, sementara Het Nieuwsblad van het Zuid dilarang terbit oleh Jerman. Jumlah pelanggan meningkat pada tahun-tahun ini. Pada akhir tahun 1940, surat kabar ni memiliki 17.663 pelanggan, pada bulan Juli 1943 mencapai 26.377, dan pada bulan Maret 1944 telah mengumpulkan 27.263 pelanggan. Dari bulan Oktober 1944 sampai April 1945, surat kabar ini tidak dapat muncul di wilayah yang dibebaskan atas perintah Otoritas Militer.

Pada tahun 1964, surat kabar ini digabungkan ke dalam Het Nieuwsblad van het Zuiden.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]