Nicholas Nickleby (novel 1838)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nicholas Nickleby (Kehidupan dan Petualangan Nicholas Nickleby) merupakan novel ketiga karya penulis roman ternama dari Inggris Charles Dickens. Novel tersebut diterbitkan berangsur-angsur selama 20 bulan. Saat menerbitkan novel ini, Dickens menggunakan nama samaran "Boz" sejak pertengahan bulan Maret tahun 1838 hingga September 1839 kemudian bukunya berhasil diterbitkan pada tahun 1839.[1]

Kisah[sunting | sunting sumber]

Awalnya, kisah melodramatik petualangan Nickleby muda berjuang mencari kekayaan di masa pemerintahan Ratu Victoria. Secara umum, novel Nicholas Nickleby strukturnya mirip dengan karya Dickens yang lain yaitu The Pickwick Papers, meskipun tidak selalu sama nuansanya. Melalui karakter yang digambarkan dengan tajam dan alur yang menarik, Dickens menciptakan citra kelas bawah yang menggugah dan abadi, meredam kemiskinan dengan harapan dan menghadirkan humor dari keputusasaan.

Sepanjang cerita diselingi dengan penghakiman Dickens yang mengharukan mengenai perlakuan buruk masayarakat terhadap anak-anak dan kekejaman sistem pendidikan di sana. Nicholas terkejut dengan perlakuan terhadap anak yatim bersekolah, khususnya seorang anak laki-laki yang lemah dan memiliki pemikiran sederhana bernama Smike. Hal tersebut merupakan niat Dickens untuk mengungkapkan kepada publik tentang kengerian sekolah asrama Yorkshire. Antara lain, orang tua akan mencampakkan anak-anak mereka yang tidak diinginkan untuk waktu yang tidak terbatas, kurangnya kebersihan, dan perlakuan tidak manusiawi terhadap murid.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nicholas Nickleby novel by Dickens". Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 15 oktober 2022.