Ngoyo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ngoyo adalah kerajaan yang didirikan oleh suku Woyo yang menuturkan bahasa Bantu pada abad ke-15 di wilayah Cabinda modern. Kerajaan ini terletak di pesisir Atlantik di sebelah utara Sungai Kongo. Menurut tradisi Ngoyo, nenek moyang kerajaan ini adalah satu pemukim pertama kawasan tersebut, sehingga kepala-kepala sukunya memiliki gelar nfumu nsi ("penguasa Bumi"). Ibu kotanya terletak di kota Mbanza Ngoyo.

Pada tahun 1700, Cabinda telah menjadi pusat perdagangan budak dan ekonomi Ngoyo sangat bergantung pada penjualan budak.

Pada tahun 1783, Ngoyo bekerjasama dengan kerajaan Kakongo untuk menghancurkan benteng Portugis. Namun, kerajaan ini lumpuh akibat kesulitan keuangan. Kerajaan ini mengalami disintegrasi pada tahun 1830-an setelah para bangsawan tidak dapat memilih raja baru. Pada tahun 1885, Kerajaan Ngoyo menandatangani Perjanjian Simulambuco dengan Portugal yang secara resmi menjadikan kerajaan tersebut sebagai protektorat Portugis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Martin, Phyllis M. "Family Strategies in Nineteenth-Century Cabinda." The Journal of African History 28.1 (1987): 65-86.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]