Neve, Gliz dan Aster

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Neve dan Gliz
Maskot Olimpiade Musim Dingin 2006 (Turin)
PembuatPedro Albuquerque
ArtiSalju dan Es
Aster
Maskot Paralimpiade Musim Dingin 2006 (Turin)
PembuatPedro Albuquerque
ArtiKepingan Salju

Templat:Olimpiade Musim Dingin 2006 Templat:Paralimpiade Musim Dingin 2006 Neve dan Gliz adalah maskot resmi Olimpiade Musim Dingin 2006 dan Aster adalah maskot resmi Paralimpiade Musim Dingin 2006, keduanya diadakan di Turin, Italia.

Neve dan Gliz diciptakan oleh Pedro Albuquerque. Keduanya mewakili karakteristik Olimpiade Musim Dingin, termasuk "Salju dan Es". Neve ("Salju" dalam Italia) adalah bola salju wanita manusiawi yang mengenakan warna merah dan melambangkan "kelembutan, persahabatan, dan keanggunan". Gliz (kependekan dari Ghiaccio, "Es" dalam Italia) adalah es batu manusia manusia yang mengenakan warna biru dan melambangkan "antusiasme dan kegembiraan".

Untuk pemilihan maskot resmi Olimpiade Musim Dingin 2006, Panitia Penyelenggara Pertandingan Musim Dingin (TOROC) mengadakan kontes di mana 237 proposal diajukan sebelum penutupan nominasi pada 20 Mei 2003. Dari kandidat ini, lima datang ke babak final di mana mereka dievaluasi oleh juri internasional yang dipilih oleh TOROC. Pemilihan tersebut kemudian diratifikasi oleh Komite Kepresidenan TOROC. Akhirnya, pemenang, "Neve and Gliz" karya Albuquerque, diserahkan pada 28 September 2004, tepat 500 hari sebelum pembukaan Olimpiade.

Untuk Paralimpiade, TOROC kemudian meminta Albuquerque untuk membuat maskot baru di sepanjang garis kreatif Neve dan Gliz. Albuquerque membuat Aster, kepingan salju bergaya yang menyampaikan cita-cita Paralimpiade: tekad, semangat, dan keberanian atlet penyandang cacat. Jika ditampilkan dalam seragam olahraga, Aster biasanya dilambangkan dengan warna hijau. Ini juga melengkapi warna yang ditunjukkan pada logo Paralimpiade Musim Dingin 2006.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Maskot Olimpiade