Pesisir Barbaria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Negara-negara Barbaria)
Peta Afrika barat laut pada tahun 1707.

Pesisir Barbaria adalah istilah yang digunakan oleh bangsa Eropa dari abad ke-16 hingga abad ke-19 untuk wilayah suku Berber. Istilah "Berber" merujuk ke seluruh wilayah Berber termasuk wilayah pedalaman. Istilah "Pantai Berber" lebih menekankan kepada wilayah dan kota pantai Berber di Afrika Utara bagian barat - yang kini merupakan bagian dari Maroko, Aljazair, Tunisia, dan Libya. Kini, istilah Maghreb kurang lebih sama dengan "Berber".

Nama ini jelas berasal dari suku Berber di Afrika Utara. Di Barat, nama ini biasanya dikaitkan dengan bajak laut Berber dan Perdagangan Budak Berber di pantai tersebut yang menyerang pantai dan permukiman pantai di Laut Tengah dan Atlantik utara serta merampas budak dan barang dari Eropa, Amerika Serikat, dan Afrika Sub-Sahara.[1] Budak dan barang tersebut diperdagangkan dan dijual di Utsmaniyah atau Eropa.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Carver, Robert (25 April 2009). "Not so easy alliances: Two Faiths, One Banner: when Muslims marched with Christians across Europe's battlegrounds (book review)". The Tablet. hlm. 24. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-06-20. 

Referensi[sunting | sunting sumber]