National Lottery (Irlandia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

National Lottery (bahasa Irlandia: An Crannchur Náisiúnta) adalah Lotre yang berlisensi negara di Irlandia. Didirikan pada tahun 1986 untuk mengumpulkan dana bagi tujuan yang baik, operasionalnya dimulai pada 27 Maret 1987 ketika ia mengeluarkan kartu goresan pertamanya. Pada tahun berikutnya, Lotre ini meluncurkan permainan mingguan bernama Lotto dan mengadakan pengundian pertama pada 16 April 1988. National Lottery kini menawarkan pengundian Lotto dan Lotto Plus pada hari Rabu dan Sabtu, pengundian EuroMillions dan Plus pada hari Selasa dan Jumat, serta dua pengundian Daily Million setiap hari. Permainan lainnya termasuk bingo yang ditayangkan di televisi, Millionaire Raffles, dan permainan instan online. Usia minimum untuk bermain semua permainan National Lottery adalah 18 tahun.[1] An Post National Lottery Company berhasil mempertahankan lisensi tersebut pada tahun 2001, ketika hanya ada satu penawar setelah dua aplikasi lainnya ditarik.[2][3]

Permainan[sunting | sunting sumber]

National Lottery memulai operasi permainan pada tanggal 23 Maret 1987 ketika meluncurkan kartu goresan pertamanya, dengan penjualan sekitar 1 juta tiket pada hari pertama perdagangan.[4] Pada tahun berikutnya, National Lottery meluncurkan permainan pengundian andalannya, Lotto, dengan pengundian pertama dilakukan pada tanggal 16 April 1988.[5] National Lottery saat ini menawarkan pengundian Lotto dan Lotto Plus pada hari Rabu dan Sabtu, pengundian EuroMillions dan Plus pada hari Selasa dan Jumat, serta dua pengundian Daily Million setiap hari. National Lottery juga menyelenggarakan berbagai permainan lainnya, termasuk bingo yang ditayangkan di televisi, Millionaire Raffles, dan permainan instan menang langsung secara online.

Tiket dan kartu goresan National Lottery dijual oleh agen ritel di seluruh negara. Pada tanggal 31 Desember 2020, terdapat 5.415 pengecer dalam jaringan National Lottery.[6][7] Sejak tahun 2009, National Lottery telah menyediakan fasilitas untuk membeli tiket lotere dan bermain permainan instan menang langsung secara online. Pada tahun 2020, sekitar 15 persen dari penjualan National Lottery dilakukan secara online.[8]

Semua hadiah dari National Lottery dibayarkan dalam bentuk sejumlah besar yang tidak dikenai pajak. Semua hadiah dalam permainan Lotto, EuroMillions, dan Daily Million harus diklaim dalam waktu 90 hari setelah tanggal pengundian yang berlaku. Usia minimum untuk bermain semua permainan National Lottery adalah 18 tahun, dan para pemenang berhak untuk tetap anonim. Semua hadiah yang tidak diklaim tetap dimiliki oleh National Lottery dan harus digunakan untuk biaya promosi. Antara tahun 2015 dan 2020, €90 juta dalam hadiah tidak diklaim.[9]

Referensi dalam media lain[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1990-an, RTÉ memproduksi sitkom bernama Upwardly Mobile tentang sebuah keluarga kelas pekerja yang memenangkan Lotto dan pindah ke daerah kelas menengah atas. Serial ini berjalan selama tiga musim antara tahun 1995 dan 1997.

Waking Ned (dikenal sebagai Waking Ned Devine di Amerika Utara) adalah sebuah film komedi yang berlatar di sebuah desa pedesaan kecil, berdasarkan pada pemenang fiktif dari Lotto.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "An Post wins a lottery extension". The Irish Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 6 Januari 2023. 
  2. ^ "An Post retains Lottery licence". The Irish Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 6 Januari 2023. 
  3. ^ "DAVY TO ADVISE ON NATIONAL LOTTERY LICENCE". merrionstreet.ie (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 6 Januari 2023. 
  4. ^ "One Million Lottery Tickets Sold". RTÉ Archives (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 12 Februari 2022. 
  5. ^ "Lotto Celebrates 30 Years of Draws | Irish National Lottery". lottery.ie (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-09-30. 
  6. ^ "Regulator of the National Lottery Annual Report 2020" (PDF). September 2021. Diakses tanggal 22 Januari 2022. 
  7. ^ Collins, Liam (30 July 2017). "How a secret syndicate managed to 'buy' the Lotto". 
  8. ^ Hamilton, Peter. "Lotto a winner as operating profit jumps by 64% to €14.6m". The Irish Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 30 September 2021. 
  9. ^ Gallagher, Conor. "Lottery spent over €90m in unclaimed prize money on advertising". The Irish Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 12 Februari 2022.