Nasser Khalili

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sir
Nasser David Khalili
KCSS PhD
Nama asalناصر داوود خلیلی
Lahir18 Desember 1945 (umur 78)
Isfahan, Iran
AlmamaterQueens College, City University of New York
School of Oriental and African Studies
PekerjaanScholar
Art collector
Philanthropist
Suami/istriMarion Easton
Anak3
Situs webNasser Khalili

Sir Nasser David Khalili KCSS PhD ( Persia: ناصر داوود خلیلی, lahir 18 Desember 1945) adalah seorang sarjana, kolektor, dan pegiat filantrofi Inggris-Iran. Ia lahir di Isfahan, Iran pada 1945. Ia kemudian menempuh pendidikan di Queens College, City University of New York dan School of Oriental and African Studies, London, Inggris. Saat ini ia menetap di London sebagai warga negara Inggris yang dinaturalisasi.[1]

Kontribusi terbesarnya di bidang seni adalah delapan koleksi seni yang disebut sebagai Koleksi Khalili, dengan lebih dari 35.000 karya seni.[2][3] Di antaranya koleksi-koleksinya yang dianggap terpenting di bidangnya, ia memiliki koleksi karya seni Islam pribadi terbesar dan karya seni Jepang yang menandingi keluarga Kekaisaran Jepang. Ia menghabiskan puluhan juta poundsterling untuk melestarikan, meneliti, dan mendokumentasikan karya-karya seni tersebut. Sejauh ini, ia telah menerbitkan lebih dari tujuh puluh volume katalog dan penelitian. Pameran koleksi-koleksinya telah ditampilkan di berbagai institusi dan museum terkemuka di seluruh dunia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Biographical Notes" in Earle, Joe (ed.) Shibata Zeshin: Masterpieces of Japanese Lacquer from the Khalili Collection. London: Kibo Foundation, 1997. p. 80.
  2. ^ "The Khalili Collections major contributor to "Longing for Mecca" exhibition at the Tropenmuseum in Amsterdam". UNESCO. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 April 2022. Diakses tanggal 2 October 2020. 
  3. ^ "Around the world in 35,000 objects—and a handful of clicks". Apollo Magazine. 11 October 2019. Diakses tanggal 2 October 2020.