Lompat ke isi

Nasir P. Ramlee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nasir P. Ramlee adalah seorang komposer, musisi, aktor, dan penyanyi. Dia juga merupakan anak dari aktor terkenal Malaysia, P. Ramlee.

Karier[sunting | sunting sumber]

Nasir memulai kariernya sebagai musisi di klub malam sebelum bergabung dengan EMI sebagai penggubah musik. Setelah itu, dia bekerja sebagai koordinator musik kombo Istana Budaya (IB) sejak April 2002.

Nasir pernah berkolaborasi dengan Ahmad Daud, Norma binti Abdullah, Aziz Jaafar, dan Abdul Aziz bin Sattar untuk album Panca Sitara.

Dia pernah menciptakan lagu untuk Herman Tino, Rosemaria Abdul Hamid, dan Aman Shah. Salah satu lagu populernya adalah "Rindu Bayangan" yang dinyanyikan oleh grup Carefree.

Selama bekerja di IB, Nasir banyak terlibat dalam pertunjukan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan di tingkat internasional.

Beberapa pementasan yang pernah disutradarainya di IB adalah "Suzana 60" dan "Bonnie M Live In Kuala Lumpur" pada 2006.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Nasir P. Ramlee meninggal dunia pada usia 55 tahun pada 17 Desember 2008 akibat komplikasi demam dan diabetes.[1][2] Dia dimakamkan di Pemakaman Islam Jalan Ampang, Kuala Lumpur,[3] di sebelah makam ayahnya, P. Ramlee, dan dua ibu tirinya, Noorizan dan Saloma.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "P. Ramlee's only son Nasir dies". The Star (dalam bahasa Inggris). 2008-12-17. 
  2. ^ "Nasir P. Ramlee meninggal dunia". www.mstar.com.my (dalam bahasa Melayu). 2008-12-18. 
  3. ^ "Nasir Tan Sri P. Ramlee dalam kenangan". www.mstar.com.my (dalam bahasa Melayu). 2008-12-18.