Nancy Astor, Viscountess Astor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Nancy Witcher Astor, Viscountess. Astor

Nancy Witcher Astor (lahir: Langhorne), Viscountess Astor dari Hever Castle (19 Mei 1879 - 2 Mai 1964), merupakan perempuan Amerika pertama yang duduk di parlemen dalam sejarah Inggris. Nancy Astor lahir di Danville, Virginia, Amerika Serikat dan meninggal di Grimsthorpe Castle, Lincolnshire, Inggris. Vicountess Astor merupakan politikus yang berafiliasi dengan House of Commons dan Conservative Party yang memenangkan kursi parlemennya dari daerah Plymouth Sutton pada tahun 1919.[1] Astor mendapatkan gelar Viscountess-nya setelah menikahi suami keduanya yakni, Waldorf Astor, 2nd Viscount Astor.

Awal kehidupan[sunting | sunting sumber]

Nancy Witcher Astor yang lahir dengan nama belakang Langhorne merupakan anak kedelapan dari sebelas bersaudara dari Chiswell Dabney Langhorne dan Nancy Witcher Keene. Ayah Nancy merupakan seorang pebisnis yang bisnisnya pada saat itu bergantung dengan tenaga kerja budak.[1][2] Pada saat perang sipil AS (1861-1865) pecah, keluarga Nancy hampir hidup dalam kemiskinan terutama ketika penghapusan perbudakan mulai gencar dilakukan. Kondisi tersebut berubah sesaat setelah Nancy lahir dan pada saat Chiswell Langhorne mulai terlibat dalam urusan pembuatan rel kereta.[2]

Nancy Astor menikah untuk pertama kalinya ketika ia berumur 18 tahun dengan Robert Gould Shaw pada 27 Oktober 1897.[2] Pernikahan yang tidak berjalan dengan baik tersebut berakhir setelah keduanya 4 tahun menikah. Keduanya bercerai dengan memiliki 1 anak laki-laki bernama Bobbie. Pada tahun 1903, ibu dari Nancy Astor yakni, Nancy Witcher Keene wafat dan membuat Nancy Astor pindah kembali ke Mirador, Albermarle County, Virginia. Kegagalan Nancy dalam mengelola rumah ayahnya membuat Nancy memutuskan untuk tur ke Inggris.[2]

Kehidupan di Inggris[sunting | sunting sumber]

Nancy Astor membawa adik perempuannya Phyllis untuk pindah ke Inggris pada tahun 1905.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "The History Press | Nancy Astor: The first lady of British politics". www.thehistorypress.co.uk (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-03-18. 
  2. ^ a b c d e "Nancy Astor, Viscountess Astor - New World Encyclopedia". www.newworldencyclopedia.org. Diakses tanggal 2023-03-18.