Naismith Memorial Basketball Hall of Fame

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Naismith Memorial Basketball Hall of Fame adalah sebuah museum sejarah Amerika dan sebuah rumah struktur peringatan untuk individu terkenal yang mengandung koleksi memorabilia yang berkaitan dengan mereka, yang terletak di 1000 Hall of Fame Avenue di Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat. Badan Ini berfungsi sebagai perpustakaan olahraga terlengkap, selain untuk mempromosikan dan melestarikan sejarah bola basket. Didedikasikan untuk physicians Kanada dan penemu olahraga bolabasket James Naismith, Naismith Memorial dibuka dan melantik kelas pertamanya pada tahun 1959.[1]

Naismith Memorial Basketball Hall of Fame
Naismith Memorial Basketball Hall of Fame.jpg
Didirikan1959
LokasiSpringfield, Massachusetts
JenisProfessional sports hall of fame
PresidenJohn Doleva
KetuaJerry Colangelo
Situs webSitus web resmi

Seperti pelantikan tahun 2017, Hall of Fame secara formal telah melantik 365 individual. 13 lagi akan diumumkan saat pelantikan tahun 2018 dan akan secara formal diabadikan pada 6 september.

Sejarah bangunan Springfield[sunting | sunting sumber]

Naismith Hall of Fame didirikan pada tahun 1959, oleh Lee Williams, mantan direktur atletik di Colby College. Pada tahun 1960-an, Basketball Hall of Fame berjuang mengumpulkan uang untuk konstruksi dari fasilitas pertamanya. Namun, selama setengah dekade berikutnya jumlah yang diperlukan meningkat, dan bangunan di buka pada 17 Februari 1968, kurang dari satu bulan setelah National Basketball Association (NBA) memainkan All Stars game yang ke-18.

Dewan Bolabasket Hall of Fame menamai empat orang yang ditunjuk dalam tahun pertamanya. Selain untuk menghormati mereka yang memberikan kontribusi untuk bolabasket, Hall of Fame berusaha untuk membuat kontribusi sendiri. Pada tahun 1979, Hall of Fame mensponsori Tip-off Classic, sebuah eksebisi pra-musim bolabasket perguruan tinggi. Tip-Off Classic ini telah diawali di musim perguruan tinggi sejak saat itu. Dan walaupun tak selalu diselenggarakan di di Springfield, Massachusetts. Umumnya itu diadakan kembali setiap beberapa tahun.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]