My Funny Valentine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

My Funny Valentine" adalah sebuah lagu pertunjukan dari 1937 musikal Babes in Arms karya Rodgers dan Hart. Lagu ini kini dianggap sebagai standar jazz, yang muncul pada lebih dari 1300 album yang dibawakan oleh lebih dari 600 seniman.

Babes in Arms dibuka di Teater Shubert, Broadway, di New York, New York pada 14 April 1937 dan menampilkan 289 pertunjukan. Dalam drama orisionalnya, tokoh yang bernama Billie Smith (diperankan oleh Mitzi Green) menyanyikan lagu ini untuk Valentine "Val" LaMar (diperankan oleh Ray Heatherton).[1]

Muncul kembali[sunting | sunting sumber]

Lagu ini muncul kembali pada 1950-an dan dibawakan oleh para penyanyi musik jazz dan populer pada masa itu, termasuk: Gerry Mulligan, Chet Baker, Frank Sinatra, Ella Fitzgerald, Bing Crosby, Miles Davis, Sarah Vaughan, Stan Getz, Paul Desmond, Tony Bennett, Ben Webster, Buddy Rich, Anita O'Day, Mel Tormé, Sammy Davis, Jr., dan banyak lagi lainnya.

Lagu ini berhasil mencapai tempat tertinggi dalam tangga lagu-lagu paling populer ketika Chet Baker menerbitkan sebuah versi yang sangat populer dan berpengaruh (diterbitkan dalam album My Funny Valentine / Blue Note Records). Pembawaannya yang lembut, halus dan tenang memperkenalkan dunia kepada kecakapan menyanyi Chet Baker (sebelumnya ia hanya dikenal sebagai seorang peniup trompet yang handal, yang juga dibawakan dalam rekaman ini). Baker masih dihubungkan lebih dengan "My Funny Valentine" daripada dengan daftar panjang lagu lainnya yang ia rekam.

Versi lagu ini oleh Chet tidak memuat stanza pertama, dan sebaliknya dimulai dengan stanza kedua yang dimulai dengan kata-kata, "My funny Valentine, sweet comic valentine". Akibatnya, hampir setiap versi lagu ini sesudah itu dimulai dengan cara yang sama. Pengecualian paling terkenal atas aturan ini ialah bahwa lagu-lagu yang direkam dari banyak penampilan musikal Babes in Arms dan (dalam versi film) Pal Joey. (Stanza pertamanya jelas adalah suara seorang perempuan yang berbicara tentang kekasihnya, memberikan alasan lebih jauh kepada para penyanyi laki-laki untuk menghilangkannya.)

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Playbill dari pertunjukan teater Babes in Arms 1937

Pranala luar[sunting | sunting sumber]