Museum Situs Batujaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Museum Situs Batujaya adalah salah satu museum yang terletak di dua desa dan dua kecamatan, yaitu Desa Segaran ([[Kecamatan Batujaya) dan Desa Telagaya (Kecamatan Pakisjaya) Kabupaten Karawang. Awalnya museum tersebut digunakan sebagai gedung penyelamat Situs Batujaya Kabupaten Karawang. gedung tersebut dibangun sejak tahun 2002 hingga 2004 dan masa Penataan 2 tahun (2005-2006). Namun kemudian berupaya dikembangkan sebagai museum meski masih dalam standar minimal hingga akhirnya diresmikan pada bulan Oktober 2006 oleh Denny Setiawan, Gubernur Provinsi Jawa Barat.[1]

Hal tersebut bertujuan untuk menginformasikan dan mensosialisasikan kepada masyarakat luas hasil penelitian para ahli mengenai situs dengan tujuan untuk menambah wawasan dan meningkatkan apresiasi pengunjung terhadap sejarah budaya masa lalu di daerah tersebut, serta untuk mengundang ahli yang berminat menguak sebagian “misteri” yang belum terungkap melalui penelitian.

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Koleksi Museum Situs Batujaya diantaranya adalah bangunan, struktur, ornamen, arca, materai (votive tablet) terakota, inskripsi, gerabah, arca, alat logam, perhiasan, keramik, tulang dan serbuk sari (pollen). Koleksi berjumlah 165 buah, terdiri atas artefak temuan dari Situs Batujaya dan beberapa dari Situs Cibuaya. Koleksi yang dipamerkan berupa keramik, votive tablet, amulet, bata berprofil, bata kunci, bata bercap kaki, bata bertulis, bata dari susunan stupa, pecahan kaca, manic-manik, arca, meriam, potongan kayu, kerangka manusia, gerabah (type buni). Dipamerkan juga beberapa buku yang mengulas penelitian dan penanganan Situs Batujaya. Museum Situs Batujaya digunakan untuk menyimpan dan sekaligus memamerkan temuan-temuan artefaktual. Koleksi yang dipamerkan di museum ini berjumlah + 176 buah artefak berupa keramik, gerabah, fosil tulang binatang dan fosil tumbuhan, replika kepala arca manusia, dan binatang, manik-manik kaca dan tanah liat (terakota), berbagai bentuk bata. Dipamerkan juga buku-buku yang berisi kepurbakalaan Situs Batujaya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Site Museum Batujaya-Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat". www.disparbud.jabarprov.go.id. Diakses tanggal 2018-09-06.