Museum Nasional Sejarah Amerika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
National Museum of American History
Peta
Didirikan1964
LokasiAmerika Serikat Washington, D.C.
JenisSejarah Amerika Serikat
DirekturJohn Gray
Situs webamericanhistory.si.edu

Museum Nasional Sejarah Amerika (The National Museum of American History, disingkat NMAH) adalah museum yang mengumpulkan, menyimpan, dan memamerkan peninggalan budaya Amerika di bidang sosial, politik, budaya, sains, dan militer. Museum ini berada di National Mall, Washington, D.C., Amerika Serikat. Pengelolanya adalah Institusi Smithsonian.

Setelah direnovasi selama dua tahun dengan biaya AS$85 juta, Museum Nasional Sejarah Amerika dibuka kembali sejak 21 November 2008. Koleksi utama museum adalah bendera The Star-Spangled Banner yang menjadi inspirasi Francis Scott Key sewaktu menulis puisi "The Star-Spangled Banner".

Di dalam gedung museum terdapat Pusat Arsip dengan total luas rak 3.700 m.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pemandangan gedung museum dari atas

Museum ini diresmikan pada tahun 1964 dengan nama Museum Sejarah dan Teknologi (Museum of History and Technology). Museum menempati gedung yang merupakan bangunan terakhir yang dirancang oleh biro arsitek McKim Mead & White. Pada 1980, museum berganti nama menjadi Museum Nasional Sejarah Amerika (The National Museum of American History). Penggantian nama dimaksudkan agar nama museum lebih mencerminkan tujuan museum dalam mengelola dan mempelajari objek yang menyimpan sejarah bangsa Amerika. Di antara koleksi museum terdapat sepatu ajaib (ruby slippers) yang dipakai Dorothy (Judy Garland) dalam film The Wizard of Oz.

Museum ditutup selama dua tahun mulai 5 September 2006 untuk renovasi. Pemugaran dilakukan biro arsitek Skidmore, Owings and Merrill (SOM) dari New York dan Turner Construction, masing-masing sebagai perancang gedung dan pelaksana konstruksi. Galeri permanen untuk bendera The Star-Spangled Banner dirancang oleh biro desain asal New York, Chermayeff & Geismar bekerja sama dengan SOM.[2]

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Museum menempati gedung berlantai tiga. Setiap sayap di masing-masing lantai memiliki artefak penting sebagai tema utama. Di antara koleksi utama museum terdapat lokomotif John Bull, teleskop buatan tahun 1865, meja kafetaria Greensboro, patung George Washington, ambulans Palang Merah Amerika, dan wahana Dumbo Si Gajah Terbang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Archives Center". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-09. Diakses tanggal 5 December 2008. 
  2. ^ "Press Release". National Museum of American History, Smithsonian Institution. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-08-07. Diakses tanggal 30 Juli 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]