Museum Romo Mangun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Museum Romo Mangun adalah museum yang dibangun atas insisiatif warga sekitar untuk mengenang pahlawan mereka Yusuf Bilyarta Mangun Wijaya. Beliau meninggal dunia pada 10 Februari 1999. Tokoh arsitektur Indonesia ini berjasa besar atas dibangunnya kompleks "perumahan" Code, dia menyelamatkan warga dari pengusuran. Lokasinya di

Berkat bantuan Rotary Club Yogyakarta, Tamansari pada tahun 2008, Museum Romo Mangun selesai. Cukup susah menemukan lokasi Museum Romo Mangun. Kendaraan bermesin sulit masuk. Pengunjung harus jalan kaki untuk sampai ke tempat ini. Museum ini berada di komplek perumahan Bantaran Kali Code, sekitar 500 meter arah selatan dari jembatan Gondolayu, Jalan Jendral Sudirman.

Wujud museum ini adalah bangunan kecil berbilik bambu, terdiri dari dua lantai. Lantai dasar merupakan perpustakan berisi buku-buku bacaan ringan untuk anak-anak. Lantai atas hanya memiliki sedikit koleksi, sekitar 11 sketsa rancang bangun karya Romo Mangun. Hingga sekarang museum ini belum dibuka untuk umum karena masih minim koleksi.