Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Perjuangan Rakyat Jambi
Peta
Didirikan1993
LokasiKota Jambi
JenisMuseum
Tugu Juang di kawasan simpang tiga Sipin Kota Jambi

Museum Perjuangan Rakyat Jambi merupakan salah satu museum di Indonesia yang terletak di Kota Jambi, Provinsi Jambi.[1]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Museum ini berada di Jalan Sultan Agung dan Jalan Slamet Riyadi atau di sebelah Masjid Agung Jambi. Museum terletak sekitar 8,3 km dari Bandar Udara Sultan Thaha, 2,4 km dari Museum Siginjai dan 2,6 km dari Simpang Terminal Wire.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Museum ini didirikan pada tahun 1993 yang diprakarsai oleh Dewan Harian Daerah Angkatan 45 (DHD 45) dan Pemerintah Daerah Propinsi Jambi. Pada tanggal 6 Juni 1993, dilaksanakan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia, Letnan Jenderal Achmad Tharir. Museum ini dibangun sebagai wujud dari pentingnya bangunan sebagai monumen dalam mengenang sejarah perjuangan rakyat Jambi semasa Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan Indonesia.

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Di dalam museum terdapat berbagai macam benda peninggalan rakyat Jambi pada masa perjuangan. Benda-benda tersebut berupa:[1]

  • persenjataan modern: senapan, pistol vickers, senjata mesin ringan, dan senjata lainya.
  • persenjataan tradisional: keris, pedang, badik, tombak, pakaian perang, ikat kepala, dan alat komunikasi.
  • diorama sejarah dan replika Pesawat Terbang Catalina RI 005

Waktu Berkunjung[sunting | sunting sumber]

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Museum Perjuangan Rakyat Jambi bisa dilakukan pada hari kerja. Pada hari senin pukul 08.00 sampai pukul 14.30. Pada hari jumat museum buka pada jam 08.00 sampai pukul 11.000. Pada hari sabtu dan minggu dibuka pada pukul 08.00 sampai 13.00.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Rusmiyati, dkk. (2018). Katalog Museum Indonesia Jilid I (PDF). Jakarta: Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman. hlm. 116. ISBN 978-979-8250-67-5.