Museum Nasional Somalia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Nasional Somalia
Matxafka Qarankais
Peta
Didirikan1934
LokasiMogadishu, Banaadir, Somalia

Museum Nasional Somalia (bahasa Somali: Matxafka Qarankais, Arab: متحف وطني للصومال, bahasa Italia: Museo Nazionale della Somalia) merupakan sebuah museum nasional yang terletak di Mogadishu, ibu kota Somalia. Museum ini didirikan pada tahun 1934 oleh pemerintah kolonial Somalia Italia.

Museum Lama Garesa[sunting | sunting sumber]

Museum lama ini merupakan bangunan dengan dua lantai, yang dibangun pada tahun 1872. Museum ini dibangun atas permintaan Sultan Zanzibar, Barghash bin Said dari Zanzibar, untuk Gubernur Mogadishu, Suleiman bin Hamed, setelah dia mendapatkan izin dari Sultan Ahmed Yusuf dari Kesultanan Geledi.

Pada tahun 1933, museum ini dibangun dan dibuka untuk umum pada tahun 1934 dengan nama Museum Somalia (Museo della Somalia).

Setelah kemerdekaan Somalia pada tahun 1960, museum ini diubah menjadi museum nasional. Ketika museum ini dipindah pada tahun 1985, namanya diubah menjadi Museum Lama Garesa (Museo della Garsea) dan diubah menjadi museum daerah.[1][2]

Museum Nasional[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1985, Pusat Kebudayaan Mogadishu dibuka. Tempat ini memiliki Theater Nasional, Perpustakaan Nasional, dan Museum Nasional. Arsitektur museum nasional menampilkan pengaruh Islam dan terdiri dari bangunan utama dengan empat lantai pameran. Direktur-Jenderal museum ketika dibuka adalah Ahmed Farah Warsame.[1]

Ruang pameran[sunting | sunting sumber]

Ruang pameran dibuka pada bulan Mei 1987. Terdiri dari:

  • Lantai dasar: Pameran Arkeologi dan Etnografi
  • Lantai Pertama: Pameran Sejarah: Perlawanan pada masa kolonial dan Setelah Kemerdekaan.
  • Lantai Kedua: Sejarah Persenjataan dan Angkatan Bersenjata, Bahasa dan Literatur.
  • Lantai Ketiga: Pameran sementara.

Penutupan[sunting | sunting sumber]

Karena adanya perang sipil di Somalia, museum nasional ditutup pada tahun 1991 dan sejak saat itu, bangunan museum nasional rusak parah.

Museum Nasional yang baru[sunting | sunting sumber]

Pada saat ini, sebuah museum nasional yang baru sedang dibuat pada bangunan yang terletak di seberang bangunan yang lama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Crespo-Toral, H. (1988). "Museum development and monuments conservation: Somalia" (PDF). UNESCO. Diakses tanggal 16 Juli 2011. 
  2. ^ Lengyel, Oguz Janos (1982). "National Museum of Somalia, Mogadiscio: Roof Restoration Project" (PDF). UNESCO. Diakses tanggal 16 Juli 2011.