Museum Kendil Kemilau Emas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Kendil Kemilau Emas
Museum Sang Kendil Kemilau Emas
Peta
Didirikan1998
JenisMuseum daerah

Museum Kendil Kemilau Emas merupakan museum yang terletak di Desa Wisata Pulau Belimbing, Kuok, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Museum ini berbentuk rumah Adat Lima Koto Kampar atau yang lebih dikenal dengan sebutan Rumah Lontiok.[1] Museum ini berasal dari beberapa kata yaitu kandil yang berarti lampu, kemilau yang berarti cahaya dan emas yang berarti megah atau indah. Jadi Museum Kandil Kemilau Emas bermakna cahaya bagaikan kilauan emas yang indah.[2]

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Museum ini dibangun sekitar tahun 1900 oleh almarhum Haji Hamid dengan tujuan untuk melestarikan dan menjaga benda-benda peniggalan nenek moyang di Kecamatan Kuok dimasa lalu. Museum Kandil diresmikan penggunaannya pada tanggal 22 Mei 1988 di Pulau Belimbing, Kuok Bangkinang.[3] Museum ini dikelola oleh pihak swasta yaitu cucu atau keturunan langsung dari keluarga almarhum Haji Hamid. Bangunan Museum Kandil Kemilau Emas yang sekarang merupakan bangunan yang kedua karena bangunan yang sebelumnya sudah tidak layak untuk digunakan. Pada tahun 2012 keturunan keluarga almarhum Haji Hamid berinisiatif untuk membangun ulang museum ini agar benda-benda koleksi peninggalan sejarah yang ada di museum dapat terus dilestarikan, dijaga dan dirawat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Keberadaan Museum Kandil Kemilau Emas Bagi Masyarakat Kampar". 
  2. ^ Direktori Museum Indonesia. Jakarta: Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2012. 
  3. ^ "Museum Kandil Kemilau Emas Bangkinang".