Museum Geoteknologi Mineral UPN Veteran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Museum Geoteknologi Mineral UPN "Veteran" adalah sebuah museum yang menjadi bangunan bersejarah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), diresmikan pada tanggal 17 februari 1988 oleh Menhankam Republik Indonesia jendral (Purnawirawan) poniman.[1] Museum ini berada di Jln Barbasari No.2 Caturnuggal Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Koleksi museum[sunting | sunting sumber]

Koleksi yang dimiliki berjumlah sekitar 1.252 buah yaitu terdiri dari jenis mineral, batuan, bahan tambang, maket, foto, gambar-gambar, kebumian, replika. Terdapat juga koleksi tertua yaitu replika fosil trilobit tetralokal crinoid berumur 570-230 tahun yang lalu.

Waktu kunjung museum[sunting | sunting sumber]

Waktu berkunjung ke museum ini yaitu senin-jum'at pada pukul 08.00-14.00 WIB. Sedangkan untuk hari sabtu, minggu dan hari besar tutup kecuali ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Jarak tempuh[sunting | sunting sumber]

Jarak tempuh yang diperlukan apabila dari Bandar udara Adisutjipto maka jarak tempuh dapat mencapai 2 Km, apabila dari Terminal bus Giwangan kira kira mencapai 5 Km dan apabila dari Stasiun Tugu maka jarak yang ditempuh dapat mencapai 4 Km.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ DIREKTORI MUSEUM INDONESIA. Jakarta: Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. hlm. 320–321.