Museum Drohobych

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Museum Drohobych
Peta
DidirikanMei 1940
LokasiTaras Shevchenko, 38 Drohobych, Ukraine
Украина, 82100, вул.Шевченка, 38 Ukraina
DirekturAlla Gladun (Алла Глуадун)
Situs webhttp://www.drog-museum.com/

Museum Drohobychchyna (secara resmi bernama Museum Studi Lokal Drohobych atau Museum Pengetahuan Lokal Drohobych, dan biasa disingkat Museum Drohobych) adalah sebuah museum di Drohobych, Ukraina, yang merupakan pusat budaya dan pendidikan utama di Wilayah Lviv.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Didirikan pada tahun 1940 sebagai Museum Sejarah Daerah dan Pengetahuan Lokal. Selama periode pendudukan sementara kota oleh penjajah fasis Jerman, kekayaannya dijarah habis-habisan. Tetapi sudah pada hari keempat setelah literasi kota, kaum fasis - 9 Oktober 1944 - museum melanjutkan aktivitasnya. Setelah wilayah Wilayah Drohobych bergabung dengan Wilayah Lvov pada Mei 1959, wilayah tersebut berfungsi sebagai Museum Regional untuk Studi Lokal.[1]

Di antara bahan pameran terdapat temuan arkeologis yang menarik, barang-barang dari pengrajin Drohobych, alat-alat produksi dan barang-barang kehidupan sehari-hari petani; museum menyajikan banyak dokumen yang menjelaskan periode berbeda dalam sejarah negara itu, buku cetak yang diterbitkan di Ukraina sebelum abad ke-18, koleksi majolika abad ke-17 hingga ke-19, karya seni rupa asli dan Eropa Barat, dll. Sambil berkenalan dengan gereja St.George dan Salib Suci, monumen arsitektur rakyat kayu yang luar biasa dari sekolah Galicia pada akhir abad ke-15 awal abad ke-16, pengunjung dapat melihat spesimen lukisan ikon abad pertengahan, lukisan dinding unik dari interior yang dilakukan di Renaisans gaya dll.

Peninggalan yang dikaitkan dengan nama-nama orang desa yang luar biasa memiliki nilai khusus. Yuriy Kotermack (s. 1450-1494), seorang sarjana Ukraina, doktor kedokteran dan filsafat, dosen dan kemudian rektor Universitas Bologna, profesor Universitas Cracow, yang lahir di Drohobych, dikenal dengan nama pena Yuriy Drohobych. Dia adalah penulis buku cetak pertama di negara itu " Judicium Prognosticon... " (1483). Yang dipamerkan adalah Yu. Potret Drohobych oleh I.Marchuk, pelukis, fotokopi risalah astronominya, xerokopi jadwal kuliahnya di Universitas Bologna dll.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Дрогобицький краєзнавчий музей: Путівник/Л.М.Васильків, Н.Г.Єрмакова, Л.Б.Єрмоліна та ін.; Упоряд. В.Й.Козак; Худож. Л.Прийма. - Львів: Каменяр, 1987. - 64 с.