Museum Bank Indonesia Surabaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bank Indonesia Museum
Museum Bank Indonesia
COLLECTIE TROPENMUSEUM Het kantoor van de Javasche Bank in Soerabaja TMnr 10015463.jpg
Former De Javasche Bank office in Surabaya
Didirikan January 27, 2012
Lokasi Jl Garuda No. 1, Surabaya
Jenis economic and numismatics
Koleksi A collection of old currencies and display on history of banking system in Indonesia.
Pemilik Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia (Indonesian Museum Bank Indonesia) terletak di Surabaya, Indonesia. Museum ini secara khusus didirikan oleh Bank Indonesia dan dibuka pada tanggal 27 Januari 2012 setelah direstorasikan. Museum yang menempati gedung ini dikenal sebagai De Javasche Bank (sekarang: Bank Indonesia)sebagai Bank sentral Hindia Belanda yang bermarkas di Batavia. Setelah kemerdekaan Indonesia gedung ini terus berfungsi sebagai cabang Bank Indonesia di Surabaya hingga tahun 1973. Museum ini tutup pada hari Senin dan hari libur. Meseum ini tidak memiliki biaya masuk.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

De Javasche Bank membuka cabang di Surabaya pada 14 September 1829. Pada 1904 bangunan asli yang menempati plot dihancurkan dan dibangun kembali dengan luas 1.000 meter persegi. Ini dirancang dengan cara yang sama dari kantor pusat De Javasche Bank di Batavia, dengan Neo-Renaissance arsitektur dan perhiasan Jawa pada rinciannya.[2]

Penjelasan Museum[sunting | sunting sumber]

Museum ini memiliki 3 lantai dan menampilkan sejarah sistem perbankan di Indonesia, foto-foto lama dari Surabaya dan juga koleksi mata uang kuno. Tampilan museum dibagi menjadi 3 ruangan:

  • ' Ruangan Koleksi mata uang lama’ - Ruangan sebelumnya berfungsi sebagai kamar aman deposito dan digunakan untuk menampilkan mata uang lama Indonesia.
  • 'Ruangan Koleksi dari konservasi ' - Ruangan mengandung bahan bangunan yang diganti untuk konservasi, sejarah juga konstruksi bank.
  • 'Ruangan Koleksi harta budaya' - ruangan mesin bank lama tampilan dan peralatan.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jadikan Gedung Eks De Javasche Bank Museum Bank di Surabaya, Humas Surabaya, 14 June 2012.
  2. ^ [1], artebia, 15 February 2015.