Lompat ke isi

Muniba Mazari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Muniba Mazari

Muniba Mazari (03-03-1987) sesorang yang mendapat julukan iron Lady Of Pakistan[1] adalah artis terkemuka, pembicara motivasi internasional, pembela hak-hak disabilitas, dan pembawa acara televisi pertama yang menggunakan kursi roda, dan duta keliling UN-Women di Pakistan dan model pertama yang menggunakan kursi roda.

Muniba mengalami kecelakan mobil yang terjadi pada tahun 2008 pada bulan Februari saat ia berusia 21 tahun. Yang menyebabkan kelumpuhan pada dirinya dari pinggang hingga bagian bawah tubuhnya.[1] Saat ia berada dirumah sakit dalam keadaan lumpuh ia mencoba untuk membuat suatu lukisan untuk mengalihkan dirinya dari rasa sakit. Ia mengatakan bahwa lukisan ini adalah salah satu hal yang membuatnya tetap hidup. Muniba mengatakan dengan lukisan ini ia merasa dapat terhubung dengan semua orang melalui rasa sakit.[2]

Karier[sunting | sunting sumber]

Kecelakaan yang menimpa Muniba menjadi sebuah Life Changing untuk dirinya.[2] Ia menjadi pembicara yang menyuarakan tentang wanita yang mengalami kekerasan dan menjadi korban diskriminasi, Ia memberikan harapan kepada setiap wanita untuk tidak mudah menyerah dan berani memberikan perlawanan. Pidato motivasi yang dibawakan oleh Muniza pada TEDx Event Organized di Islamabad. Pidato yang berisi pesan untuk tidak mudah menyerah dan tetap semangat pada kehidupan. Kehadirannya menjadi sebuah representasi dari suara para manusia yang berada di pakistan yang mengalami Gender Inequality.[2] Telah membuat dirinya menjadi dilihat oleh dunia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Muniba Mazari". Collective Speakers (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-06-06. 
  2. ^ a b c "National UN Women Ambassador Muniba Mazari". UN Women – Headquarters (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-06-06.