Mulenga Kapwepwe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mulenga Kapwepwe
Lahir7 Oktober 1958 (umur 65)[1]
Lusaka, Rhodesia Utara
PekerjaanPenulis
AlmamaterUniversitas Zambia
Karya terkenalZambian Women's History Museum
KerabatSimon Mwansa Kapwepwe (ayah)
Salome Kapwepwe (ibu)
Chileshe Mpundu Kapwepwe (saudara kandung)

 Portal Sastra

Mulenga Kapwepwe[2] lahir di Lusaka tanggal 7 Oktober 1958. Dia adalah seorang perempuan penggiat seni Zambia yang menciptakan Revolusi Membaca di Afrika. Mulenga merupakan lulusan Universitas Zambia dan memperoleh gelar ganda bidang Psikologi dan Sosiologi. Dia selalu siap memberikan solusi untuk setiap tantangan yang dihadapi bangsanya.

Selama perjalanan hidupnya, dia telah menghasilkan berbagai karya berupa opera, cerita pendek, drama, program televisi dan radio yang membawanya menjadi penulis drama yang paling dicintai dan dihormati. Meskipun dia tidak memiliki edukasi formal pada bidang teater, dia tidak menganggap hal tersebut sebagai batasan untuk memulai karir [3]

Revolusi membaca di Afrika[sunting | sunting sumber]

Mulenga Kapwepwe besar dengan dikelilingi para pembuat perubahan yang membantu bangsa Afrika untuk merdeka dari penjajahan Inggris. Ayahnya, Simon Kapwepwe, adalah wakil presiden Zambia kedua, yang menjabat sejak 1967 hingga 1970. Sejak kecil, Mulenga Kapwepwe terbiasa membaca banyak buku. Hal tersebut mendorongnya untuk membangun perpustakaan agar orang-orang di negaranya memiliki kesempatan dan pengalaman yang sama dengannya.

Mulenga telah terlibat dengan banyak proyek yang bertujuan untuk membantu anak-anak muda di negaranya menentukan masa depan atau karir mereka. Dia telah berhasil membangun perpustakaan di Lusaka, ibukota Zambia.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Mulenga Kapwepwe pernah menjabat beberapa posisi penting. Di antaranya adalah Ketua Dewan Seni Nasional Zambia, badan resmi untuk bidang seni di Zambia, serta menjadi pembina untuk sejumlah asosiasi termasuk Asosiasi Seni Visual Wanita, Asosiasi Musik dan Tari Rakyat Zambia, Asosiasi Kebudayaan Pemuda, Asosiasi Budaya Ukusefya pa Ngwena, Dewan Seni Rupa Zambia, dan Asosiasi Penulis Wanita Zambia.

Mulenga juga memiliki posisi di Komisi Zambia untuk UNESCO, Institut Seni Afrika, dan Dewan Pimpinan Jaringan Arterial.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ IFACCA (22 September 2009). "Profile of Mulenga Mpundu Kapwepwe" (PDF). Sydney: International Federation of Arts Councils and Culture Agencies (IFACCA). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2010-07-07. Diakses tanggal 20 July 2018. 
  2. ^ "BBC 100 Women 2020: Who is on the list this year?". BBC News (dalam bahasa Inggris). 2020-11-23. Diakses tanggal 2022-03-10. 
  3. ^ "Mulenga Kapwepwe- Zambia's Queen of the Arts, Creating a Reading Revolution in Africa" (dalam bahasa Inggris). 2015-08-07. Diakses tanggal 2022-03-10.