Muk-jji-ppa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Muk-jji-pa
GenrePermainan tangan
Jumlah pemain2 atau lebih
Kelompok umurSemua umur
Waktu persiapanTidak ada
Waktu permainanInstan
Kesempatan acakTinggi
Keterampilan yang dibutuhkanKeberuntungan, psikologi
Bahan yang dibutuhkanTidak ada
Muk-jji-ppa
Hangul
묵찌빠
Alih Aksaramuk-jji-ppa
McCune–Reischauermuk-tchi-ppa

Muk-jji-ppa (Hangul묵찌빠; Hanjamuk-jji-ppa; RRmuk-tchi-ppa) adalah variasi permainan Batu-Gunting-Kertas yang berasal dari Korea Selatan, yang bisa dimainkan oleh 2 orang atau lebih.

Isyarat[sunting | sunting sumber]

Isyarat: Muk (묵)= Batu, Jji (찌)= Gunting, Ppa (빠)= Kertas

Isyarat atau "senjata" tangan yang digunakan sama dengan permainan Batu-Gunting-Kertas:

  • Muk (묵) adalah batu yang diisyaratkan dengan tangan yang dikepalkan.
  • Jji (찌) adalah gunting yang diisyaratkan dengan dua jari (biasanya jari telunjuk bersama jari tengah atau ibu jari bersama jari telunjuk).
  • Ppa (빠), adalah kertas yang diisyaratkan dengan tangan yang terbuka.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Permainan dimulai dengan permainan batu-gunting-kertas, pemenangnya menjadi "si penyerang". Penyerang harus menyebutkan isyarat berikutnya (menyebutkan muk, jji, atau ppa) dan mengubah tangannya sesuai dengan isyarat yang disebutkannya, biasanya disebutkan dengan berteriak. Intinya adalah bagaimana membuat lawan main menggunakan isyarat yang sama dengan "si penyerang", maka "si penyerang" menang. Setelah para pemain mengubah tangannya, pemain yang menggunakan isyarat yang sama dengan "si penyerang" kalah, dan penyerang berikutnya adalah pengguna isyarat yang menang dengan peraturan Batu-Gunting-Kertas lalu proses diulang kembali..[1]

Peraturan[sunting | sunting sumber]

  1. Penyerang dipilih lewat Batu-Gunting-Kertas (batu mengalahkan gunting, gunting mengalahkan kertas, kertas mengalahkan batu) dimana para pemain mengeluarkan isyaratnya bersamaan, jika ketiga isyarat muncul biasanya isyarat yang paling banyak muncul yang menang (mirip dengan peraturan Hom-pim-pa, namun dengan tiga isyarat). Proses ini diulang terus sampai muncul satu orang pemenang, saat sudah muncul satu pemenang maka Muk-jji-pa dimulai. Terkadang jika jumlah pemain banyak para pemain dibagi menjadi menjadi beberapa kelompok, biasanya 2 lawan 2, terlebih dahulu karena proses ini lama jika jumlah pemainnya banyak.
  2. Saat Muk-jji-pa dimulai, penyerang memainkan sambil menyebutkan isyaratnya. saat itu juga pemain yang lain harus memainkan isyaratnya juga, isyarat boleh tidak diganti. Pemain lain yang terlalu cepat atau terlambat memainkan isyaratnya dianggap melakukan pelanggaran.
  3. Pemain lain yang menggunakan isyarat yang sama dengan penyerang tereliminasi.
  4. Jika ada pemain lain dengan isyarat yang mengalahkan isyarat penyerang menurut peraturan Batu-Gunting-Kertas, maka pemain tersebut menjadi penyerang. Jika ada lebih dari satu pemain lain yang mengalahkan isyarat penyerang, peraturan pertama dimulai lagi di antara para pemain tersebut saja untuk memilih penyerang berikutnya.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Muk-jji-pa dengan tiga pemain
Ronde 1 Ronde 2 Ronde 3 Ronde 4 Ronde 5
A Ppa A Muk A Jji A tereliminasi A tereliminasi
B Muk B Ppa B Jji B Muk B Muk
C Muk C Ppa C Jji C Jji C Muk
A menang BGK.
A "ppa".
A menyerang lagi.
A "muk".
B dan C BGK.
C menang BGK.
C "jji".
A tereliminasi.
B "muk"
B menyerang lagi.
B "muk"
C tereliminasi.
B menang.
  • BGK= Batu-Gunting-Kertas
  • Penyerang ditandai dengan huruf tebal

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Play muk-zzi-ppa! The upgraded rock-paper-scissors" [Mainkan muk-zzi-pa! Batu-gunting-kertas yang ditingkatkan]. Hancinema. 25 Juni 2011. Diakses tanggal 6 Februari 2014.