Muhammad Fadel Christopol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Muhammad Fadel Christopol
Foto resmi Ketua Umum Selibriti Anti Narkoba Indonesia (2018)
Selebriti Anti Narkoba Indonesia 2018
Mulai menjabat
09 Mei 2018 (2018-05-09)
Wakil
  • Sonia wibisono
  • Lulu citra
  • Heni tania
Ketua DPD APPERNAS Jaya 2018
Masa jabatan
2018–2022
Bendahara Umum DPP APPERNAS Jaya
Masa jabatan
2019–2022
Sebelum
Pendahulu
Yoyok Himawan
(sebagai Penjabat Bendahara)
Pengganti
Petahana
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir
Muhammad Fadel Christopol

09 November 1991 (umur 32)
Bontang, Kalimantan Timur
KebangsaanIndonesia
Partai politikHanura
Hubungan
  • Muhammad Fadli Christopol (Adik)
  • Desi Nurul Fadilah Christopol (Adik)
  • Debi Farah Fadillah Christopol (Adik)
  • Farel Muhammad Christopol (Adik)
Orang tua
  • Christopol Eddy (ayah)
  • Nurmin Sampeali (ibu)
Alma mater
Pekerjaan
  • Pengusaha
  • Politikus
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Muhammad Fadel Christopol (lahir di Bontang, Kalimantan Timur, 9 November 1991) adalah seorang pengusaha, politisi muda, dan aktivis Indonesia yang menjabat sebagai Ketua Umum Selebriti Anti Narkoba Indonesia dan Bendahara Umum Asosiasi Pengembang Perumahan Nasional Jaya ( Appernas Jaya[1] ).

Masa Kecil dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Fadel lahir dari pasangan Christopol Eddy (Ayah) asal Bugis Pinrang, Sulawesi Selatan dan Nurmin Sampeali ( Ibu ) asal Toraja dan Bugis Sidrap, Sulawesi Selatan. Masa kanak – kanak dan pendidikan sekolah dasar di jalani Fadel berpidah-pindah dari Kota Makassar ke Kota Bau-Bau Sulawesi Tenggara. Antara lain SDN Inpres Makassar setelah itu pindah ke SDN 2 Batulo Kota Bau- Bau, Pada tahun 2003 Fadel melanjutkan pendidikan nya di SMPN 1 Bau- Bau, setelah itu Fadel melanjutkan pendidikan nya pada tahun 2006 di SMAN 1 Bau- Bau.

Setelah itu fadel pindah jauh ke Jogyakarta pada tahun 2009 dan sempat menempuh program pendidikan di Universitas Gadjah Mada, namun hanya setahun fadel memilih pindah ke Jakarta Pada tahun 2010 dan melanjutkan pendidikan di Universitas Bina Nusantara Jurusan Arsitektur.[2]

Pengalaman[sunting | sunting sumber]

Pada saat melanjutkan pendidikan di Jakarta, fadel juga melakukan berbagai pekerjaan sampingan di dunia entertain, mulai dari model dan bintang iklan pernah di lakoni nya. Sampai akhirnya pada tahun 2014 ia memilih beralih profesi sesuai dengan bidang pendidikan yang di tempuhnya dan bisa mendirikan perusahaan sendiri dan melalui berbagai rintangan di dunia Bisnis.

Pada tahun 2016 Fadel bergabung bersama Partai HANURA di usia 24 tahun. Yang dimana usia tersebut masih lah sangat muda untuk seseorang memutuskan berpolitik. Hal ini di pilih karena jiwa politik yang melekat pada dirinya sangat kuat serta mengikuti jejak sang ayah yang merupakan seorang pengusaha dan politisi.

Pada tahun 2016 fadel bersama Rekan nya Olsa Group membuat perusahaan properti yang berpusat di Negara Singapore bernama Fadel Internasional Development PTE LTD. Fadel mencoba menarik investor asing agar membangun Hotel di Lahan Milik Keluarga yang berada di Kora makassar namun saat itu BKPM tidak menyetujui permohonan Investor yang di ajukan oleh Perusahaan untuk berinvestasi di Kota Makassar sehingga. Proyek tersebut tidak dapat dilanjutkan.

Saat ini Muhammad Fadel Christopol menjabat sebagai Ketua Umum Selebriti Anti Narkoba Indonesia resmi di lantik pada tanggal 09 mei 2018 di Jakarta.

Pada tahun 2019 Fadel terpilih menjadi Ketua Dpd Dki Jakarta Asosiasi Pengembang Perumahan Nasional yang merupakan Asosiasi yang bekerja sama dengan Kementrian PUPR yang mengumpulkan para Pengusaha Developer untuk membangun Perumahan Bersubsidi di seluruh Indonesia.[3]

Fadel christopol juga pada pemilihan umum 2019 Di percayakan oleh Partai Hanura untuk maju sebagai calon anggota DPR RI Dapil Sulawesi Tenggara. Namun saat itu suara Nasional Partai Hanura tidak mencukupi persyaratan 4% sehingga Fadel gagal masuk ke Gedung DPR RI. Namun sampai sekarang Fadel masih aktif di Partai Hanura besutan Wiranto tersebut.

Pada akhir tahun 2019 Fadel kembali mendapat kepercayaan menjadi Bendahara Umum Dewan Perwakilan Pusat Asosiasi Pengembang Perumahan Nasional Jaya sisa masa jabatan 2018-2022. Fadel Menggantikan bendahara Umum sebelumnya Yoyok Himawan.

Pertengahan tahun 2019, fadel christopol merambah bisnis fashion dengan Nama brand Falchris. Acara launching di adakan di Ballroom Senayan City Jakarta dan berhasil mengajak 3 puteri Indonesia 2019 untuk menggunakan Baju-baju koleksi Falchris.[4]

Saat pandemi covid 19 masuk di Indonesia perusahaan sempat mengalami efek dari pandemi karena Bank BUMN tidak lagi melayani Akad Kredit untuk perumahan Subsidi sehingga fadel berinisiatif membangun perusahaan baru yang bergerak di bidang pertambangan sehingga awal tahun 2020, Fadel berhasil membuat perusahaan PT Fadel Mineral Asiapasific dan mampu membuka Lowongan pekerjaan untuk masyarakat di wilayah sulawesi Tenggara. Tempat fadel menghabiskan masa Kecil nya.

Dan pada tahun 2021 fadel juga merambah bisnis digital transportasi dengan nama MEKS di bawah PT Mandiri Emiry Sejahtera.[5]

Saat ini Meks baru beroperasi di Kota Makassar dan akan hadir di wilayah Indonesia Timur lain nya seperti Kendari,Bau-Bau, Palu , Gorontalo , Manado dan beberapa Kota Lainnya di Timur Indonesia.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Indonesia Executive Professional and Leadership Award 2020.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Christian, Immanuel (11 Sep 2019). "Fadel Christopol Terpilih sebagai Ketua DPD APPERNAS Jaya". RRI.co.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-10-07. Diakses tanggal 2021-10-07. 
  2. ^ Admin, Web. "INBISNIS.ID - Mengenal Muhammad Fadel Christopol, Pengusaha dan Politisi Muda Penuh Karya". inbisnis.id (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-10-07. Diakses tanggal 2021-10-07. 
  3. ^ "Fadel Christopol Jadi Ketua DPD Appernas Jaya DKI Jakarta". SuaraMerdeka. 2019-09-12. Diakses tanggal 2021-10-07. 
  4. ^ Jakartamedia .co.id (2019-09-23). "Fadel Christopol Merambah Bisnis Fashion Dengan Brand "FALCHRIS"". Diakses tanggal 2021-10-07. 
  5. ^ Sultra, Harian (2021-04-12). "Fadel Christopol Merambah Bisnis Digital". HarianSultra.com. Diakses tanggal 2021-10-07. 
  6. ^ Rudi, Redaksi Publiksatu / (2020-10-28). "Putra Daerah Kota Baubau, Fadel Christopol Raih Penghargaan Award 2020". PublikSatu. Diakses tanggal 2021-10-07.