Monsak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Mossak)
Dua orang yang sedang memperagakan jurus moccak

Monsak (dibaca: Mossak atau Moccak) [1], Beladiri Silat dan Mossak, tidak selalu digunakan untuk menyerang sesama manusia atau makhluk lain. Tarian dan ilmu beladiri ini, kini lebih ditekankan kepada persembahan tarian pada upacara adat itu sendiri. Dan Mossak merupakan ilmu beladiri yang berasal dari Tanah Batak dan mungkin saat ini sangat tidak mudah dan jarang akan menemui praktisi atau mungkin acara adat yang secara langsung dan professional menampilkan para pendekar-pendekar Mossak ini. Sungguh sebenarnya adalah WBTB/Warisan Budaya Tak Benda yang sangat dan amat berharga untuk dilestarikan.

Satu hal yang memang sangat dan mungkin teman-teman juga ketahui bahwa Beladiri ini, Mossak. Sangat didasari oleh kuda-kuda atau bentuk pola maupun posisi kaki. Jelas bahwa penulis ketahui seni beladiri ini menuntut kemampuan seperti jenis silat lainnya pada tahap dasar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "MOSSAK BATAK Seni Beladiri dari Tanah Batak, video Sori Mangaraja Sitanggang WARISAN NUSANTARA". Diakses tanggal 2021-01-03.