Mosaic (Peramban Web)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mosaic
NCSA Mosaic 2.7 untuk Unix
GenreWeb browser
LisensiProprietary
Bahasa
Daftar bahasa

Inggris

Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini



NCSA Mosaic adalah peramban web (web browser) dikembangkan oleh NCSA dan sudah dihentikan sejak tahun 1997. Mosaic merupakan salah satu browser yang pertama tersedia secara luas. Perangkat lunak ini berperan penting dalam mempopulerkan World Wide Web dan Internet secara umum karena mengintegrasikan teks , grafik dan multimedia secara umum. Antarmukanya yang intuitif, kehandalan, dukungan terhadap PC, dan pemasangan yang sederhana semuanya berkontribusi pada popularitasnya di web.

Mosaic adalah browser pertama yang menampilkan gambar sebaris dengan teks, alih-alih di jendela terpisah.Browser Ini sering disebut sebagai browser web grafis pertama, meskipun sebelumnya sudah ada oleh WorldWideWeb, Erwise dan ViolaWWW.

Mosaic dikembangkan di National Center for Supercomputing Applications (NCSA) di Universitas Illinois di Urbana–Champaign yang dimulai pada akhir tahun 1992. NCSA merilisnya pada tahun 1993,dan secara resmi menghentikan pengembangan dan dukungannya pada tanggal 7 Januari 1997

Mulai tahun 1995, Mosaic kehilangan pangsa pasar karena hadirnya Netscape Navigator. Ketika proyek ini dihentikan pada tahun 1997, browser ini hanya memiliki sebagian kecil pengguna. Microsoft melisensikan Mosaic untuk membuat Internet Explorer pada tahun 1995.

  1. ^ "xmosaic 1.2 source code". NCSA. 1994-06-29. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-06-19. Diakses tanggal 2009-06-02.