Chlorocebus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Monyet hijau Afrika)
Chlorocebus

Pola warna kepala Chlorocebus
Kiri atas: monyet hijau, kanan atas : grivet
Kiri bawah: malbrouck, kanan bawah: vervet
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoPrimates
FamiliCercopithecidae
GenusChlorocebus
Gray, 1870
Species

Chlorocebus adalah genus primata berukuran sedang dari keluarga Old World Monkey. Saat ini ada enam spesies yang resmi diakui, walaupun beberapa orang mengklasifikasikan mereka sebagai spesies tunggal dengan sejumlah subspecies.

Yang membingungkan adalah, istilah "monyet vervet" dan "monyet hijau" kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan keseluruhan genus Chlorocebus, walaupun mereka lebih tepatnya adalah spesies Chlorocebus pygerythrus dan Chlorocebus sabaeus.

Daerah asal asli monyet ini adalah Afrika sub-Sahara dari Senegal dan Etiopia bagian selatan ke Afrika Selatan. Namun, beberapa abad sebelumnya, beberapa dari mereka diambil sebagai hewan peliharaan oleh para pedagang budak, dan dibawa melintasi Samudra Atlantik menuju kepulauan Karibia, bersama dengan budak Afrika. Monyet-monyet ini ada yang melarikan diri atau dilepaskan dan hidup secara alami di kepulauan Karibia. Keturunan dari populasi ini ditemukan di kepulauan India Barat Barbados, Saint Kitts, Nevis, Anguila, dan Saint Martin. Satu koloni monyet ini juga berada di Broward County, Florida.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Keller, Matthew. "Chlorocebus sabaeus (green monkey)". Animal Diversity Web (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-31. 
  2. ^ "Primate Factsheets: Vervet (Chlorocebus) Taxonomy, Morphology, & Ecology". pin.primate.wisc.edu. Diakses tanggal 2020-03-31.