Molka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemandangan kamar motel di Korea Selatan, lokasi yang memungkinkan untuk dipasangnya kamera pengintai untuk mendapatkan rekaman eksplisit.

Kamera tersembunyi, (kamera mata-mata atau disingkat molka 몰카 [moɾkʰa] dalam bahasa Korea), adalah kamera mini yang dipasang secara diam-diam dan ilegal, sering kali untuk menangkap gambar dan video voyeuristik. Di Korea Selatan, kamera mata-mata telah menjamur di tahun 2010-an dan paling sering dipasang di lubang kecil atau retakan di dinding di lokasi seperti toilet umum wanita dan kamar motel. Gambar dan video voyeuristik dijual secara online di berbagai platform, termasuk situs media sosial populer seperti Twitter dan Tumblr, tanpa sepengetahuan atau persetujuan dari mereka yang ada di kamera. 'Molka' dapat merujuk pada kamera yang sebenarnya serta rekaman yang kemudian diposting secara daring.[1] Masyarakat Korea Selatan yang sangat terdigitalisasi membuatnya mudah untuk mengedarkan rekaman molka dan sulit untuk dihapus setelah diedarkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gibson, Jenna. "K-Pop's Sexual Assault Scandal Is the Tip of the Iceberg". Foreign Policy. Diakses tanggal 2019-06-08.