Moka pot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Moka pot merek Bialetti

Moka pot adalah sejenis alat pembuat kopi di atas kompor gas atau listrik yang menyeduh kopi menggunakan air mendidih yang dicampur dengan kopi bubuk dan diseduh menggunakan tekanan air. Alat ini dinamai atas nama Mocha, sebuah kota di Yaman, namun diciptakan oleh seorang insinyur Italia Alfonso Bialetti pada tahun 1933. Ciptaan Bialetti dengan cepat menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kopi di Italia. Perusahaan keluarganya, Bialetti Industries hari ini masih memproduksi model yang asli dengan nama "Moka Express".[1]

Hari ini, moka pot paling banyak digunakan di benua Eropa dan Amerika Latin. Desainnya yang unik membuatnya populer sebagai salah satu tampilan seni industrial di beberapa museum desain seperti Wolfsonian-FIU, Museum of Modern Art, Cooper–Hewitt, National Design Museum, Design Museum,[2] dan London Science Museum. Moka pot memiliki beberapa variasi ukuran, dari yang bisa membuat satu hingga delapan belas gelas 50 ml (2 imp fl oz; 2 US fl oz) kopi.[3] Desain asli Bialetti, dan beberapa variasi yang dijual di pasaran hari ini, terbuat dari aluminium dengan pegangan with Bakelite.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The History - Bialetti". www.bialetti.it. Diakses tanggal 2015-08-06. 
  2. ^ Greenbaum, Hilary (1 September 2011). "Who Made That Moka Express?". nytimes.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 September 2011. 
  3. ^ "Moka Express factsheet" (PDF). Bialetti. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2010-12-14. Diakses tanggal 2009-03-01. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Rombauer, Irma S.; Marion Rombauer Becker; Ethan Becker (August 1997). The Joy of Cooking. Scribner. hlm. 28–29. ISBN 0-684-81870-1. 
  • Schnapp, Jeffrey T. (2004). "The Romance of Aluminum and Caffeine". Dalam Brown, Bill. Things. Chicago: University of Chicago Press. hlm. 209–239.