Mogok (komputasi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kepanikan kernel ditampilkan di iMac . Ini adalah bentuk paling umum dari kegagalan sistem operasi pada sistem mirip Unix.

Dalam komputasi, mogok, atau mogok sistem, terjadi ketika program komputer seperti aplikasi perangkat lunak atau sistem operasi berhenti berfungsi dengan baik dan keluar . Pada beberapa sistem operasi atau aplikasi individual, layanan pelaporan mogok akan melaporkan kerusakan tersebut dan rincian apa pun yang berkaitan dengannya (atau memberikan opsi kepada pengguna untuk melakukannya), biasanya kepada pengembang aplikasi. Jika program merupakan bagian penting dari sistem operasi, seluruh sistem mungkin mogok atau macet, sering kali mengakibatkan kepanikan kernel atau kesalahan sistem yang fatal .

Kebanyakan kemogokan disebabkan oleh kutu perangkat lunak . Penyebab umum termasuk mengakses alamat memori yang tidak valid, nilai alamat [a] yang salah di penghitung program, luapan penyangga, menimpa sebagian kode program yang terpengaruh karena bug sebelumnya, mengeksekusi instruksi mesin yang tidak valid (opcode ilegal atau tidak sah ), atau memicu pengecualian yang tidak tertangani. Kutu perangkat lunak asli yang memulai rangkaian peristiwa ini biasanya dianggap sebagai penyebab kerusakan, yang ditemukan melalui proses pengawakutuan . Kutu asli mungkin jauh dari kode yang sebenarnya memicu kerusakan.

Pada komputer pribadi awal, upaya menulis data ke alamat perangkat keras di luar memori utama sistem dapat menyebabkan mogok perangkat keras. Beberapa kemogokan dapat dieksploitasi dan membiarkan program jahat atau peretas mengeksekusi kode arbitrer, sehingga memungkinkan replikasi virus atau perolehan data yang biasanya tidak dapat diakses.

Referensi[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan