Moeslim Kawi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Moeslim Kawi (4 Agustus 1935 – 1 Desember 2021) adalah wartawan senior Indonesia.[1] Ia berasal dari Nagari Koto Tangah Simalanggang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat, dan menjalani masa kanak-kanak di kampung halamannya. Ia adalah seorang wartawan sepanjang hayat. Hampir tiga perempat usianya diabdikan untuk menjadi wartawan. Ia menempuh pendidikan dan menamatkan sekolah rakyat (SR), ia melanjutkan ke SMP di Kota Payakumbuh, seangkatan dengan politisi dan mantan anggota DPR RI dari Golkar, Novyan Kaman.[2]

Ia tertarik dengan dunia tulis menulis sejak tahun 1955 dan mengirim tulisan ke mingguan Waktoe di Medan. Ia pada saat itu bekerja sebagai pegawai tata usaha (TU) sekolah menengah ekonomi pertama (SMEP) di kota kelahirannya, setelah tamat SMP. Ia mengirimkan cerita-cerita unik yang terjadi dalam masyarakat, termasuk rubrik "Mari Ketawa" (Lucu-lucu) dan hasilnya dimuat.

Moeslim mengirimkan berita-berita mengenai peristiwa di sekitar kotanya kepada surat kabar Harian Njata ketika harian tersebut terbit di Bukittinggi tahun 1955. Ternyata semua tulisan yang dikirimnya selalu dimuat dan hampir tanpa mengalami proses koreksi. Moeslim Kawi selalu mencantumkan kode "MK" pada akhir tulisan pada setiap berita yang dikirimnya. Ketika itu redaktur surat kabar Moeslim Roesdi, yang dipimpin oleh Osman Hasibuan dan Soewardi Idris (Wapimred) yang merupakan sahabat dan teman sepermainan Moeslim Kawi, ternyata tahu bahwa kode wartawan MK tersebut adalah Moeslim Kawi.

Moeslim wafat pada tanggal 1 Desember 2021 di Rumah Sakit Ibnu Sina, Pekanbaru.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://www.halloriau.com/read-pekanbaru-126364-2020-02-28-ketua-pwi-riau-dan-rombongan-silaturahmi-dan-bezuk-wartawan-yang-sakit.html
  2. ^ Chaniago, Hasril (2018). 121 Wartawan Hebat dari Ranah Minang dan Sejumlah Jubir Ranah Bagonjong. Padang: Panitia Pelaksana Daerah Pers Nasional 2018 Biro Humas Setda Provinsi Sumatera Barat. 
  3. ^ Putra, Eka Buana. "Tokoh Pers Riau dan Mantan Anggota DPRD Kampar.dan Pekanbaru, Muslim Kawi Meninggal - Haluan Riau". Tokoh Pers Riau dan Mantan Anggota DPRD Kampar.dan Pekanbaru, Muslim Kawi Meninggal - Haluan Riau. Diakses tanggal 2021-12-05.